Simak dan Cermati Alur Pendaftaran CPNS 2018, Jangan Sampai Salah Langkah! - Guntara.com

Thursday, 27 September 2018

Simak dan Cermati Alur Pendaftaran CPNS 2018, Jangan Sampai Salah Langkah!

Pendaftaran CPNS 2018 sudah dimulai online dan serentak se-Indonesia sejak tanggal 26 September 2018 kemarin hingga 10 Oktober 2018 mendatang. Peminat CPNS yang begitu banyak tentu membuat semua pihak serba sibuk. Tak terkecuali web SSCN BKN yang bakal dibanjiri jutaan pengunjung sehingga membuat server down atau susah diakses. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah alur pendaftaran CPNS 2018 jangan sampai salah langkah karena bisa membuat gagal, berikut bisa disimak kembali di bawah ini:
Simak dan Cermati Alur Pendaftaran CPNS 2018 www.guntara.com
Simak dan Cermati Alur Pendaftaran CPNS 2018 (gambar: sscn.bkn.go.id)

1. Portal SSCN

Pelamar harus mengakses portal SSCN 2018 http://sscn.bkn.go.id untuk mendaftar seleksi CPNS 2018. Segala jenis informasi terkait CPNS 2018 sudah disediakan di portal tersebut. Agar mudah diakses sebaiknya buka portal tersebut pada jam-jam tidak sibuk, misalnya malam hari atau dini hari, atau akhir pekan.

2. Membuat Akun SSCN

Pendaftaran akun SSCN memerlukan beberapa data yaitu: NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga, alamat domisili, email aktif, password dan pertanyaan pengaman. Pas foto dalam format digital juga perlu disiapkan dengan format .jpeg ukuran 120-200 kb untuk diunggah di portal. Setelah selesai pendaftaran akun SSCN, maka pelamar akan mendapat kartu informasi akun SSCN 2018 dan bisa dicetak kartu tersebut.

3. Log In ke SSCN

Masuk ke akun SSCN pelamar yang telah dibuat sebelumnya. Masuk menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Bila ada masalah terkait pendaftaran akun bisa menghubungi panitia atau melalui menu Help Desk yang ada di portal SSCN.

4. Daftar Instansi

Pelamar bisa memilih instansi saat sudah berhasil Log In. Ingat pelamar hanya bisa memilih 1 formasi jabatan pada 1 instansi. Unggah swafoto (selfie) diri sendiri memegang KTP dan Kartu Akun SSCN. Kemudian lengkapi biodata secara detail dan jelas. Mohon dicermati. jangan sampai salah memasukan biodata atau salah memilih formasi. Unggah dokumen pendukung yang diperlukan. Langkah terakhir adalah mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018.

5. Verifikasi Pendaftaran

Tim verifikator akan melakukan verifikasi data, berkas, dan dokumen pelamar yang telah diunggah atau dikirimkan. Verifikasi akan dilakukan oleh setiap instansi berdasarkan syarat pendaftaran masing-masing. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian. Kartu ujian tersebut digunakan untuk proses selanjutnya sesuai ketentuan instansi masing-masing.

6. Hasil Seleksi

Hasil seleksi CPNS 2018 akan diumumkan oleh panitia instansi masing-masing baik melalui portal SSCN maupun portal instansi. Pelamar diharap senantiasa mengecek portal SSCN dan portal instansi yang didaftar.

Ingat untuk selalu menyimak dan mencermati dengan baik segala prosesnya. Terus berihtiar dengan berusaha berkerja keras, bertawakal dengan berdoa, kerjakan dengan asas-asas kebenaran, dan lakukan yang terbaik. Semoga para pejuang CPNS 2018 dilancarkan, dimudahkan, dan diberikan hasil yang terbaik. Aamiin

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!