Sri Sultan HB X, Gubernur dan Raja Terkaya di Indonesia, Inilah Sumber Hartanya! - Guntara.com

Wednesday, 12 September 2018

Sri Sultan HB X, Gubernur dan Raja Terkaya di Indonesia, Inilah Sumber Hartanya!

Globe Asia (Majalah Bisnis asal Indonesia) merilis daftar 150 orang terkaya di Indonesia pada akhir Bulan Juli 2018 lalu. Beberapa nama konglomerat baru yang tergolong berusia muda muncul pada daftar tersebut, yakni Nadiem Makarim (Go-Jek), William Tanuwijaya (Tokopedia), dan Achmad Zaky (Bukalapak). Selain itu masih didominasi oleh konglomerat lama. Dari daftar tersebut ada satu nama yang merupakan seorang gubernur sekaligus raja dan menjadikannya sebagai gubernur terkaya di Indonesia. Nama itu adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X, Raja Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sri Sultan HB X, Gubernur dan Raja Terkaya di Indonesia www.guntara.com
Sri Sultan HB X, Gubernur dan Raja Terkaya di Indonesia (gambar: viva.co.id)
Sri Sultan Hamengku Buwono X memang bukan untuk pertama kalinya masuk ke dalam daftar orang terkaya. Pemilik nama asli Bendara Raden Mas Herjuno Darpito ini sudah beberapa kali masuk daftar 150 orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia. Raja dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ini memiliki kekayaan mencapai US$ 250 juta atau Rp 3,6 triliun dan berada di urutan ke-125 orang terkaya di Indonesia tahun 2018. Ini menjadikan Sri Sultan HB X sebagai gubernur dan raja terkaya di Indonesia.

Tidak disangka, Raja sekaligus Gubernur Yogyakarta yang santun dan bersahaja ini memiliki kekayaan yang melimpah. Dari mana sumbernya? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini:

Memiliki banyak properti di Yogyakarta, Bogor, hingga Jakarta

Sri Sultan Hamengku Buwono X ternyata memiliki banyak properti baik di dalam kota maupun di luar kota. Berdasarkan dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2014, Sri Sultan HB X memiliki total 13 tanah dan bangunan yang tersebar di beberapa kota, seperti Sleman, Yogyakarta, Bogor, Jakarta, dan kota-kota lain. 

Ditaksir keseluruhan harta tidak bergerak milik Sri Sultan HB X mencapai nilai Rp 16,37 miliar. Belum ada LHKPN untuk tahun terbaru, kemungkinan total kepemilikan tanah dan bangunan tersebut bisa bertambah. Belum lagi harga tanah dan bangunan yang setiap tahun mengalami peningkatan. Misalnya harta tanah dan bangunan milik Sri Sultan HB X yang berada di kawasan Gatot Subroto, Jakarta. Harganya mencapai Rp 13,9 miliar pada tahun 2014 dengan LT 665 meter persegi dan LB 600 meter persegi. NJOP terbaru di tahun 2018 ini mencapai Rp 50 juta per meter persegi, silakan bisa dihitung sendiri berapa harganya saat ini.

Memiliki koleksi puluhan mobil dan sepeda motor

Sri Sultan HB X diam-diam merupakan kolektor mobil dan sepeda motor. Tahun 2014 nilai harta bergerak tersebut mencapai Rp 1,73 miliar dengan beberapa kendaraan tergolong kategori kendaraan mewah. Misalnya Toyota Alphard tahun 2010 dengan nilai Rp 550 juta dan Mercedes-Benz tahun 2005 dengan nilai Rp 515 juta.

Mempunyai banyak simpanan emas dan koleksi seni

Sri Sultan HB X berdasarkan LHKPN 2014 memiliki simpanan emas senilai Rp 870 juta. Selain itu, ada koleksi batu mulia seharga Rp 662 juta. Ditambah lagi, koleksi barang-barang seni dan antik senilai Rp 1 miliar. Tentu harga emas dan batu mulia tersebut akan semakin meningkat tiap tahunnya.

Investasi surat berharga dan giro

Investasi surat berharga dan giro juga dimiliki oleh Sri Sultan HB X. Berdasarkan LHKPN 2014, investasi surat berharganya mencapai Rp 4,5 miliar sedangkan investasi giro sekitar US$ 180.530 atau mencapai Rp 2,7 miliar dengan kurs sekarang.

Kepemilikan beberapa perusahaan

Tidak cukup sampai di situ, Sri Sultan HB X juga merupakan pebisnis ulung dengan memiliki beberapa perusahaan. Beberapa perusahaan tersebut telah terbukti menambah kekayaan yang dimilikinya, seperti PT Madubaru PG Madukismo dan PT Yogyakarta Tembakau Indonesia.

Bagaimana cukup takjub dengan kekayaan Sri Sultan HB X? Semoga dapat menginspirasi kita untuk terus berusaha dengan sungguh-sungguh menggapai cita-cita setinggi langit.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!