Tut Wuri Handayani: Makna dan Filosofinya

10:54:00
Setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Secara nasional, Ki Hadjar Dewantara ditetapkan sebagai Bapak Pendidikan Indonesia berkat karya, jasa, dan ajarannya tentang pendidikan. Salah satu slogan yang sangat populer di kalangan pelajar Indonesia adalah Tut Wuri Handayani. Slogan tersebut pun tersemat pada logo Kementerian Pendidikan Nasional. Lalu ada makna dan filosofi apa di balik slogan tersebut?
Tut Wuri Handayani (sumber: kemendikbud.go.id) www.guntara.com
Tut Wuri Handayani (sumber: kemendikbud.go.id)
Tut Wuri Handayani merupakan salah satu dari tiga ajaran kepemimpinan yang dicetuskan Ki Hadjar Dewantara. Tut Wuri memiliki arti mengikuti dari belakang dan handayani artinya memberikan dorongan moral atau dorongan semangat. Jadi, Tut Wuri Handayani berarti seorang pemimpin mengikuti dari belakang dengan memberikan dorongan moral atau semangat.

Seorang pemimpin harus mampu membangkitkan semangat dan memberikan dorongan moral dari belakang agar orang-orang yang dipimpinnya dapat merasakan situasi yang baik, kondusif, dan bersahabat. Jadi, pemimpin dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain dan masyarakat luas.

Tut Wuri Handayani memiliki prinsip kemandirian. Prinsip kemandirian tersebut merupakan cerminan dari kemapanan seseorang dalam menjalankan aktivitas dan pekerjaannya. Oleh karena itu, setiap orang diharapkan dapat memandirikan orang lain dengan memberinya dorongan baik semangat maupun secara finansial. Apabila makna tersebut dibawa ke ranah Pendidikan, maka fungsi dari pendidikan itu sebagai alat untuk membuat orang menjadi pribadi mandiri. Hal tersebut menjadi alasan utama mengapa slogan tersebut menjadi semboyan dunia pendidikan Indonesia.

Selamat Hari Pendidikan Nasional di tahun 2015 ini! Semoga pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkembang sehingga mencerdaskan pikiran bangsa. Aamiin!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon