Jadi Objek "Selfie" Baru, Inilah Keindahan Hamparan Bunga Enceng Gondok di Bantul

17:48:00
Fenomena objek keindahan alam yang dijadikan ajang "selfie" para remaja tidak pernah ada habisnya. Kini fenomena tersebut merambat di Kabupaten Bantul. Sebelumnya fenomena berupa taman bunga Amaryllis melanda Kabupaten Gunungkidul dan seketika rusak karena diinjak-injak para pengunjung yang ingin "selfie" dengan objek tersebut. Namun, fenomena keindahan bunga enceng gondok di Bantul ini dipastikan tidak akan sampai rusak setragis bunga Amaryllis di Gunungkidul.
Keindahan Hamparan Bunga Enceng Gondok di Bantul www.guntara.com
Keindahan Hamparan Bunga Enceng Gondok di Bantul
Hamparan eceng gondok tumbuh di sebuah bekas petak sawah yang tidak lagi ditanami padi atau palawija, tepatnya di bulak Dusun Karangasem, Desa Palbapang, Kecamatan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Semakin mengejutkan ketika enceng gondok tersebut tiba-tiba berbunga dan kini sedang mekar ribuan bunga tersebut denganwarna keungu-unguan yang tampak sangat indah dan cantik. Bunga tersebut merupakan bunga dari ribuan tanaman eceng gondok yang tumbuh sejak 2006 di petak sawah milik Karsono, warga Dusun Karangasem.

Warga sekitar mulai berdatangan mengunjungi lokasi tersebut. Dalam waktu yang singkat, berita fenomena keindahan bunga enceng gondok ini langsung menyebar ke seluruh Bantul melalui foto-foto yang diunggah di berbagai media sosial. Pada hari Minggu (13/12) kemarin, puluhan hingga ratusan pengunjung yang didominasi anak muda sudah datang memenuhi lokasi untuk sekadar berfoto "selfie" berlatar belakang hamparan bunga eceng gondok.
Keindahan Hamparan Bunga Enceng Gondok di Bantul www.guntara.com
Keindahan Hamparan Bunga Enceng Gondok di Bantul
Bunga enceng gondok ini tidak akan mudah rusak oleh pengunjung karena tumbuh di sawah yang penuh air sehingga pengunjung tentu tidak bisa begitu saja menerobos ke tengah hamparan bunga jika tak ingin terperosok dalam lumpur. Joko Santoso, warga Karangasem, menjelaskan, berbeda dengan hamparan bunga Amaryllis di Gunungkidul yang memang ditanam dan dirawat, tumbuhan dan bunga eceng gondok yang ada di dusunnya tumbuh secara alami.

Triyanto, warga lainnya, mengaku cukup kaget hamparan tumbuhan eceng gondok tersebut bisa tumbuh bunga yang indah dan menarik pengunjung. Eceng gondok di tempat tersebut, menurut dia, sudah tumbuh sekitar dua tahun dan baru sekitar seminggu ini mulai berbunga. "Dari dulu ada tanamannya, tetapi tidak berbunga, baru sekarang," katanya. Menurut dia, pengunjung mulai berdatangan sekitar tiga hari terakhir. Pembenahan akan dilakukan agar bisa mewadahi keinginan para pengunjung yang diperkirakan makin bertambah nantinya.
Keindahan Hamparan Bunga Enceng Gondok di Bantul www.guntara.com
Keindahan Hamparan Bunga Enceng Gondok di Bantul 
Pemuda Dusun Karangasem memfasilitasi wisatawan dengan membut getek (papan yang terbuat dari batang bambu) agar wisatawan bisa berfoto di tengah tanaman eceng gondok yang sedang berbunga. Pemuda tidak menarik biaya, tetapi hanya membuatkan kotak sumbangan sukarela dan kemarin dapat uang Rp210 ribu. Uang tidak untuk pemilik sawah, namun guna kas pemuda.
Keindahan Hamparan Bunga Enceng Gondok di Bantul www.guntara.com
Keindahan Hamparan Bunga Enceng Gondok di Bantul
Bagaimana tertarik dengan fenomena tersebut? Ayo kawan-kawan yang berada di wilayah Kabupaten Bantul dan sekitarnya segera datangi lokasi tersebut dan bersemangatlah untuk berfoto atau "selfie" ria sebelum bunga layu atau terendam banjir oleh air hujan, mengingat sebentar lagi memasuki puncak musim hujan. Namun ingat, jagalah lingkungan dan keindahan alam dengan bijaksana.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon