AutoCAD Map: Aplikasi Sistem Informasi Geografi (SIG) untuk Pemetaan - Guntara.com

Thursday, 10 July 2014

AutoCAD Map: Aplikasi Sistem Informasi Geografi (SIG) untuk Pemetaan

AutoCAD Map merupakan salah satu produk perangkat lunak yang diproduksi oleh AutoDesk Corporation. Secara umum perangkat lunak tersebut dikembangkan untuk mendukung kegiatan pengolahan data dan analisis Sistem Informasi Geografi (SIG).
AutoCAD Map (autodesk.com)
Perusahaan AutoDesk Corporation mempunyai konsep perangkat lunak CAD (Computer Aided Design) yang mana menjadikan komputer sebagai alat bantu untuk mendesain dan merancang. Keluarga dari AutoCAD Map dikenal secara luas di dunia sebagai perangkat lunak untuk mendesain dan merancang suatu konstruksi bangunan, bidang kearsitekan, bidang permesinan, tata interior, dan pengembangan ruang kota. Selain di bidang geografi, tentunya keluarga AutoCAD sangat familiar di bidang teknik sipil, teknik mesin, teknik arsitektur, dan bidang teknik-teknik lainnya.

AutoCAD Map dilengkapi dengan fasilitas input data, analisis, manipulasi data output data. Selain itu dengan menggunakan perangkat lunak AutoCAD Map juga dapat digunakan untuk mengelola data dengan ukuran yang cukup besar, penghimpunan data, serta pengelolaan data file drawing. Hal tersebut sangat dimungkinkan dilakukan karena AutoCAD Map dilengkapi dengan fasilitas link template database external. Fasilitas tersebut dapat digunakan untuk menghubungkan software tersebut dengan software eksternal lainnya, misalnya Microsoft Excel.

AutoCAD Map memiliki banyak kelebihan, antara lain software Atersebut dapat digunakan untuk proses penggambaran atau membuat suatu desain rancangan (CAD/ Computer Aided Design). Selain itu, AutoCAD Map juga memiliki fasilitas pendukung dalam pemanfaatan query yaitu structure query language (SQL) sehingga dengan memanfaatkan fasilitas tersebut, user (pengguna) dapat menggunakan beberapa perintah bahasa pemrograman (script) untuk melakukan interaksi matematis, misalnya dalam penentuan query. Dengan menggunakan software AutoCAD Map, user dapat melakukan koreksi geometrik pada data pengindraan jauh sesuai dengan sistem koordinat yang berlaku, serta dapat juga digunakan untuk mendefinisikan sistem koordinat sesuai dengan tipe format data, dimana hasil koreksi geometric dari software AutoCAD Map ini dapat dibaca oleh sistem SIG Autodesk lain.

AutoCAD Map dapat mendefinisikan sistem koordinat sesuai dengan keperluan yang hasilnya dapat dibaca oleh sistem SIG Autodesk lain. AutoCAD Map dapat digunakan untuk analisis data-data peta digital, dimana dalam Sistem Informasi Geografi bekerja dengan topologi berhubungan dengan interkoneksi dan batas features peta, dapat juga dilakukan penghapusan atau modifikasi topologi, buffer point, dan garis serta poligon. Menganalisis data dengan metode overlay object, point, garis dan poligon dengan menggunakan intersect, union, identity.

AutoCAD Map dapat digunakan untuk memperoleh peta tentatif yang berkaitan dengan peta-peta tertentu dengan melakukan interpretasi terhadap citra satelit, foto udara, ataupun peta dasar lainnya. Peta tentatif ini selanjutnya dijadikan sebagai peta dasar atau acuan untuk memperoleh peta-peta tematik lain dengan nilai-nilai tertentu. Dengan pengolahan data secara digital, peta-peta tentatif tersebut harus diubah ke dalam bentuk digital. Proses pengubahan bentuk dari bentuk analog ke bantuk digital dilakukan dengan mendigitasi atau scanning. Proses digitasi dapat dilakukan dengan alat digitizer ataupun dengan digitasi secara on-screen. Kedua metode digitasi tersebut memiliki kelebihan ataupun kekurangan masing-masing.

Format data asli AutoCAD Map adalah DWG. Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) adalah DXF, secara de facto sudah menjadi standar data CAD. Akhir-akhir ini, AutoCAD MAP sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD. AutoCAD Map juga memungkinkan untuk berinteraksi dengan format data dari aplikasi lain. AutoCAD Map dapat mengekspor file datanya menjadi format .shp yang bisa dibaca di software ArcGIS dan kebanyakan software GIS vektor pada umumnya.

AutoCAD Map tergolong software dengan spesifikasi yang cukup tinggi karena sangat mementingkan kedetailan dan grafis dari data yang diolah. Tidak sembarang komputer bisa menjalankan AutoCAD Map secara baik dan lancar, komputer berspesifikasi tinggi perlu digunakan jika ingin menjalankan AutoCAD Map dengan baik dan lancar. Hingga saat ini, keluarga AutoCAD terus dikembangkan setiap tahunnya dengan mengeluarkan versi-versi terbaru guna mendapatkan kinerja software yang semakin optimal dan maksimal.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!