MapSource: Aplikasi SIG untuk GPS

13:44:00
MapSource adalah perangkat lunak Sistem Informasi Geografi (SIG) yang diproduksi oleh Garmin Corp. MapSource umumnya sepaket dengan pembelian produk GPS dari Garmin. MapSource digunakan untuk mengolah data dari alat receiver satelit GPS merk Garmin untuk diintegrasikan ke perangkat lunak atau perangkat keras lainnya.
MapSource (gpsinformation.org)
MapSource sangat mendukung kinerja dari GPS, yaitu sebagai media transfer data sehingga data dari GPS dapat dioleh lebih lanjut. Data dari GPS tersebut ditransfer atau diunduh dari GPS dengan menggunakan USB yang dihubungkan dengan komputer. Terdapat empat macam data yang dapat diunduh dari GPS yaitu waypoint, track, routes dan map.

GPS menghasilkan data spasial berupa titik, garis dan poligon. Data-data menyangkut lokasi seperti lokasi infrastruktur seperti jembatan, gardu listrik, lokasi pusat pemerintahan mulai dari desa sampai ke provinsi, lokasi pusat pelayanan seperti puskesmas.  Pada survei untuk fitur garis dilakukan pada survei jalan, sungai atau juga perencanaan untuk saluran air dan batas wilayah dengan menggunakan GPS. Sementara data poligon atau area dapat dilakukan pada survei untuk landuse, survei untuk perencanaan wilayah lindung dan banyak lagi.
   
Kemudahan teknologi menjadi faktor penunjang lainnya sehingga penggunaan GPS menjadi pilihan yang paling mudah dalam mengambil data GPS. Saat ini GPS terkoneksi dengan software GIS sehingga bisa mempermudah pengolahan data dari GPS untuk langsung menjadi data digital peta dalam software GIS. Setelah data GPS dikonversi dalam peta digital, langkah selanjutnya adalah menambahkan database sebanyak mungkin yang dilakukan dengan menggunakan survei. Fitur-fitur MapSource sebagai berikut:

1.    Back up data yang penting dari perangkat GPS Garmin.
2.    Merencanakan rute dari komputer, bukan pada perangkat.
3.    Membuat, melihat, dan mengubah titik arah, rute, dan trek.
4.    Transfer titik arah, rute dan trek antara komputer dan perangkat.
5.    Mentransfer peta yang dipilih dari komputer ke perangkat.
6.    Mencari item, alamat, dan tempat menarik dalam data peta.
7.    Dapat mihat peta secara rinci dan detail pada layar komputer.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon