Petunjuk Adanya Evolusi - Guntara.com

Wednesday, 31 October 2012

Petunjuk Adanya Evolusi

Beberapa bukti yang dianggap memberikan petunjuk adanya evolusi antara lain
http://steve-dale.net/wp-content/uploads/2012/11/evolution-2.jpg
sumber gambar: steve-dale.net

1)    Variasi makhluk Hidup
Tidak ada dua individu di dunia ini yang memmpunhyai suifat yang benr-benar sama. Hal ini menunjkkan adanya variasi. Variasi adalah perbedaan yang ditemukan pada individu-individu yang masih satu spesies.

Jika varian tersebut hidup pada lingkingan yang berbeda maka akan menghasilkan keturunan yang berbeda pulan. Jadi adanya variasi merupakan petunjuk adanya evolusi yang menuju ke arah terbentuknya spesies baru.

2)    Fosil
Fosil-fosil yang ditemukan dalam lapisan bumi dari lapisan yan tua sampai yang sudah menunjukkkan adanya perubahan secara berangsur-angsur. Dengan membandingkan fosil-fosil yang ditemukan di berbagai lapisan bumi dapat diketahui adanya proses evolusi. Sejarah perkembangan kuda merupakan suatu contoh yang paling terkenal untuk menerangkan adanya perubahan-perubahan bentuk dari masa ke masa.

3)    Homologi dan Organ analogi Tubuh
Struktur organ tubuh dari berbagai hewan dapat dibedakan menjadi homologi dan analogi.

Homologi adalah organ-organ makhluk hidup yang mempunyai s bentuk asal (dasar) yang sama, kemudian berubah strukturnya sehingga fungsinya berbeda. Misalnya sayap burung homolog dengan tangan manusia. Kaki depan kuda homolog dengan sirip dada ikan paus.
Analogi adalah organ-organ tubuh yang mempunyai fungsi sama tetapi bentuk salnya berbeda. Misalnya sayap serangga dengan sayap burung.

4)    Embriologi Perbandingan
Perkembangan zigot hewan vertebrata yang berkembang biak secara seksual menunjukkan adanya persamaan sampai pada fase tertentu. Hal tersebut menunjukkan adanya hubungan kekerabatan di antara golongan hewan vertebrata tersebut.

5)    Petunjuk secara Biokimia
Untuk menentukan jauh dekatnya hubungan kekerebatan antara organisme yang satu dengan yang lain dapat diuji secara biokimia yang disebut denga uji presipitin. Uji peresipitin adalah menguji adanya reaksi antara antigen-antibodi. Banyak sedikitnya endapan yang terbentuk akibat reaksi tersebut dapat digunakan untuk menentuka jauh sdekatnya hubungan kekerabatan antara suatu organisme denga organisme yang lain.

6)    Perbandingan Fisiologi Organisme
Organisme mempunyai ciri-ciri fisiologi yang sama, seperti respirasi, ekskresi dll. Meskipun ciri morfologi dan jumlah sel yang membentuk setiap organisme berbeda-beda, terdapat kemiripan-kemiripan dalam fisiologinya.

Petunjuk alat tubuh yang tersisa pada manusia dan bebrapa jenis hewan dapat dijumpai berbagai alat tubuh yang tidak berfungsi. Alat tubuh pada manusia yang tersisa antara lain adalah umbai cacing dan tulang ekor. Pada burung kiwi, burung yang tidak dapat terbang, terdapat alat tubuh yang yersisa sebagai akibat penyusutan sayap.

1 comment:

  1. I blog often and I really appreciate your content.
    Your article has truly peaked my interest.
    I will take a note of your website and keep checking for new information about once per week.
    I subscribed to your Feed as well.

    Look at my homepage ... panic attack self help - http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Self-help_books,

    ReplyDelete

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!