Pantaskah Messi Raih FIFA Ballon d'Or untuk Keempat Kalinya? (2)

07:58:00
http://www.indobarca.org/wp-content/uploads/2013/01/640x360_messi_4_pilotes_V2.v1357586434.jpg
Messi FIFA Ballon d'Or (sumber gambar : indobarca.org)
Selamat pagi, kawan! Melanjutkan diskusi panas kita kemarin tentang "Pantaskah Messi Raih FIFA Ballon d'Or untuk Keempat Kalinya? (1)". Betapa tiada habisnya jika kita membahas keganjalan yang terjadi ini. Pada artikel tersebut kita telah sampai edisi kedua Messi memenangkan FIFA Ballon d'Or. Langsung saja, artikel kali ini akan membahas tentang edisi ketiga dan keempat Messi menjadi pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or.

http://barcelona.theoffside.com/files/2012/01/Messi-Ballon-DOr-2011.jpg
Messi FIFA Ballon d'Or 2011 (sumber gambar : barcelona.theoffside.com)
Edisi Messi menjadi pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or ketiga pada tahun 2011 terbilang agak relevan dengan prestasi yang ia torehken. Kala itu, Sang Messiah (jukulan Messi) berhasil membawa Barcelona meraih double winner dengan menjuarai lagi La Liga dan UEFA Champions League 2011. Rival besar sang Messiah, Christiano Ronaldo yang dipecundangi dua kali kembali menemukan permainan terbaiknya bersama Real Madrid. Setelah pada awal tahun 2010, CR7 dilanda cedera yang cukup parah kemudian pada pertengahan 2010 gagal membawa Portugal berprestasi di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Tahun 2011 terjadi kembali persaingan yang cukup sengit antara Messi dan CR7. CR7 berhasil membawa Real Madrid juara Copa Del Rey 2011 mengalahkan Barcelona di final. Gol tunggalnya melalui sundulan pada babak extra time waktu itu memupus langkah Barcelona untuk kembali merebut treble winner. Pada musim itu pula, C. Ronaldo memupus harapan Messi menjadi topskor La Liga. CR7 menorehkan 41 gol dalam semusim La Liga, sedangkan Messi hanya 31 gol. 41 gol C. Ronaldo tersebut sekaligus menorehkan rekor baru sebagai pencetak gol terbanyak La Liga dalam satu musim. Rekor sebelumnya 38 gol dipedang oleh Telmo Zarra.

Namun, FIFA Ballon d'Or 2011 kembali jatuh ke tangan Messi. Ia mengungguli C. Ronaldo (kedua) dan rekan setimnya Xavi (ketiga) dalam pemilihan final FIFA Ballon d'Or 2011. Mungkin kali ini cukup relevan dengan prestasi Messi bersama Barcelona kala itu.
http://ww4.hdnux.com/photos/17/17/33/3995351/3/628x471.jpg
Messi FIFA Ballon d'Or 2012 (sumber gambar : ww4.hdnux.com)
Edisi Messi menjadi pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or keempat pada tahun 2012 terbilang cukup berlebihan. Bagaimana tidak, Messi telah tiga kali beruntun meraih FIFA Ballon d'Or kembali meraih FIFA Ballon d'Or untuk keempat kalinya pada 2012. Ia membuat rekor baru dengan prestasinya. Belum ada pemain yang meraih FIFA Ballon d'Or empat kali beruntun selain dia. Catatan Messi dengan timnya pada tahun 2012 pun terbilang kurang sukses. Messi hanya mampu mempersembahkan trofi Copa Del Rey. Sedangkan di La Liga dikudeta Real Madrid dan di UEFA Champions League 2012 dikandaskan Chelsea di semifinal. Kemudian Chelsea yang menjadi juara UEFA Champions League 2012 untuk kali pertamanya setelah di final mengalahkan Bayern Munchen melalui adu penalti.

Musim 2012 lalu Barcelona tertinggal 9 poin dengan sang juara Real Madrid. Kemudian persaingan Messi dengan CR7 pun memanas kembali pada saat itu. Lionel Messi memecahkan rekor gol La Liga dalam semusim CR7 (edisi 2010/2011). Kala itu (musim 2011/2012) Messi berhasil menorehkan 50 gol dalam semusim sedangkan CR7 hanya 46 gol dalam semusim. Selisihnya cukup tipis yang membuat kedua pemain akan bersaing cukup ketat dalam merebutkan FIFA Ballon d'Or 2012.

Christiano Ronaldo mendapat tiket emas meraih FIFA Ballon d'Or 2012 pada kala itu. CR7 bersama negaranya Portugal menjalani EURO Cup 2012 Polandia-Ukraina. CR7 berhasil membawa Portugal sampai semifinal. Malangnya di semifinal dikandaskan Spanyol melalui adu penalti dan semakin malangnya bahwa kegagal Portugal diakibatkan oleh penendang kelima yang gagal mengeksekusi penalti, yaitu Christiano Ronaldo. Tiket emas meraih FIFA Ballon d'Or 2012 seakan sirna pada waktu itu.

Spanyol yang kembali mempertahankan juara Euro Cup 2012 dengan mengalahkan Italia 4-0 di babak final menorehkan sejarah baru pada persepakbolaan dunia denga gelar beruntunnya. Yaitu juara Euro 2008, juara Piala Dunia 2010, dan juara Euro 2012. Sosok yang muncul kala itu adalah Andres Iniesta Iniesta menggondol gelar pemain terbaik eropa 2012 mengudeta rekan klubnya Lionel Messi yang sudah tiga kali beruntun menyabetnya.

Namun, keberhasilan Andres Iniesta dan CR7 untuk meraih FIFA Ballon d'Or 2012 kembali sirna di tangan Messi. Messi kembali meraih gelar pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or 2012. Hal yang menjadi pertimbangannya adalah torehan 91 gol dalam setahunnya yang memecahkan rekor gol dalam setahun yang dicetak Gerd Muller (Jerman) dengan 88 gol. Banyak pihak yang menyangsikan torehan 91 gol Messi tersebut tetapi apa daya Messi tetap menjadi nomor 1 pada tahun 2012 menggungguli C. Ronaldo (kedua) dan Andres Iniesta (ketiga).

Gelar keempat beruntun untuk Messi ini mendapat pro-kontra dari banyak pihak. Menurut saya pribadi, ini sudah menjadi persaingan yang kurang sehat. Mungkin FIFA perlu mengeluarkan peraturan bahwa seorang pemain hanya berhak meraih gelar FIFA Ballon d'Or maksimal tiga kali. Terjadi suatu dominasi di sini yang bisa membuat persaingan persepakbolaan dunia menurun. Seakan-akan Messi yang selalu nomor satu dan tiada duanya. Bukan saya membenci Messi, tapi FIFA perlu menyehatkan persaingan dalam sepak bola. Andaikan bukan Messi yang meraih FIFA Ballon d'Or 2012 ini pasti pemain-pemain sepak bola dunia akan lebih greget bersaing untuk berprestasi. Sehingga tidak terjadi dominasi pada satu orang atau pada suatu pihak. La Liga pun memunculkan tanda tanya yang besar saat diluncurkannya Best Eleven FIFA 2012 yang Insyaallah akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Banyak pemain yang sama-sama gregetnya pada tahun 2012 lalu. Sebut saja David Silva yang menjadi roh permainan Manchester City merebut juara EPL (Inggris) dan Spanyol juara. Andrea Pirlo yang berhasil menjadi kreasi serangan Juventus kembali merebut scudetto (Italia) dan membawa Italia ke final Euro 2012. Andres Iniesta seperti prestasi yang telah disebutkan di atas. Iker Casillas pun pantas dengan gelar juara La Liga bersama Real Madrid dan juara Euro bersama Spanyol. Banyak pemain berprestasi pada tahun 2012 tetapi Messi kembali lebih (beruntung). Selamat Messi! Semoga tahun depan terjadi persaingan yang lebih sehat lagi pada FIFA Ballon d'Or 2013.

Bagaiman menurut kalian  "Pantaskah Messi Raih FIFA Ballon d'Or untuk Keempat Kalinya?" tuangkanlah pendapat kalian tentang hal itu di kotak komentar di bawah ini. Jangan segan-segan jika kalian pecinta atau pembenci Messi. Mari kita berdiskusi secara sehat ^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Hilmawan Arga
AUTHOR
21 January 2013 at 21:57 delete

bro, kamu dapet award loh, diambil ya http://hilmawanarga.blogspot.com/2013/01/award-pertama-hilmawans-weblog.html

Reply
avatar

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon