Pantaskah Messi Raih FIFA Ballon d'Or untuk Keempat Kalinya? (1) - Guntara.com

Wednesday, 9 January 2013

Pantaskah Messi Raih FIFA Ballon d'Or untuk Keempat Kalinya? (1)

http://media.zenfs.com/en_us/News/gettyimages.com/fifa-ballon-dor-gala-2012-20130107-074213-320.jpg
Messi Raih FIFA Ballon d'Or 2012 (sumber gambar : media.zenfs.com)
Lionel Messi kembali ditasbihkan menjadi pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or untuk keempat kalinya ini. Pemain 25 tahun ini mengungguli Cristiano Ronaldo dan Andres Iniesta untuk meraih FIFA Ballon d'Or 2012. Masih teringat benar dalam benak kita nama Messi mendominasi ajang tahunan resmi FIFA ini selama empat tahun beruntun. Sebelumnya tak pernah ada pemain yang memberondong gelar ini empat kali beruntun.
http://us.images.detik.com/content/2009/12/07/548/messi01.jpg
Messi FIFA Ballon d'Or 2009 (sumber gambar : detik.com)

Edisi FIFA Ballon d'Or perdana untuk Messi dimulai pada tahun 2009. Kala itu ajang ini masih bernama FIFA World Player of The Year. Pemain klub Barcelona itu mengungguli Christiano Ronaldo dan Fernando Torres pada tahun 2009.

Christiano Ronaldo yang mencoba mempertahankan gelar pemain terbaik dunianya (2008) harus berhadapan dengan Lionel Messi pada final UEFA Champions League 2009 di Roma, Italia. Jika saja C. Ronaldo berhasil membawa Manchester United (MU) menang atas Barcelona pada malam itu, mungkin C. Ronaldo akan mempertahankan gelar pemain terbaik dunianya.

Namun, pada malam itu Lionel Messi mempecundangi C. Ronaldo dengan menaklukan MU 0-2 atas Barcelona. Lionel Messi berhasil membawa Barcelona merebut juara UEFA Champions League 2009. Pada tahun itu pula Messi membawa Barcelona meraih Treble Winner (plus Juara La Liga dan Copa Del Rey). Maka tak salah apabila Messi meraih FIFA Ballon d'Or pada tahun 2009 itu.

Kala itu, C. Ronaldo pasrah berada di posisi kedua. Posisi ketiga pada tahun itu direbut Fernando Torres. El Nino (Fernando Torres) setelah ditransfer ke Liverpool dari Atletico Madrid pada pertengahan 2008 langsung tampil impresif sepanjang tahun 2008 dan 2009 kala itu.

Kegagalan CR7 (julukan C. Ronaldo) untuk mempertahankan gelar FIFA Ballon d'Or membuat ia membuat langkah yang menggegerkan dunia. Pada pertengahan 2009 ia menerima pinangan dari klub kaya raya Spanyol yang merupakan rival besar Barcelona, yaitu Real Madrid dengan transfer 80 juta poundsterling. CR7 memecahkan rekor transfer termahal dunia pada saat itu.
http://1.bp.blogspot.com/_nCx6IAOpAt8/TTbDRyMlcTI/AAAAAAAAABU/Bvda5PTG_iw/s1600/Messi+Ballon+d%27or.jpg
Messi FIFA Ballon d'Or 2010
Edisi FIFA Ballon d'Or kedua untuk Messi di tahun 2010 menurut saya sangat kurang pantas jika disematkan ke Messi. Tahun 2010 Messi hanya mampu membawa Barcelona menjuarai La Liga. Sedangkan di ajang Copa Del Rey dikandaskan dengan agregat 2-2 oleh Sevilla (unggul gol tandang) pada babak 16 besar. Kemudian Sevilla menjadi juara setelah di final mengalahkan Atletico Madrid 2-0.

Pada tahun 2010 pula digelar perhelatan akbar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Messi bersama tim nasional Argentina hanya mampu melenggang sampai perempatfinal dibantai 0-4 oleh Jerman kala itu dan tahukah kalian bahwa Messi sama sekali tidak mencetak gol pada Piala Dunia 2010 itu, baik di fase grup maupun di fase knock-out Messi absen mencetak gol. Justru Gonzalo Higuain yang menjadi topskor Argentina dengan 4 golnya pada waktu itu, bukan Messi. Begitupula C. Ronaldo bersama Portugal dikandaskan Spanyol di fase knock-out. Apalagi pada awal 2010, CR7 dilanda cedera yang cukup parah.

Tim nasional Spanyol kemudian muncul dengan kekuatan baru menjuarai Piala Dunia 2010 untuk pertama kalinya. Gol tunggal Andres Iniesta pada perpanjangan waktu menit 116' membawa Spanyol juara Piala Dunia 2010 mengandaskan Belanda. Menurut saya pribadi, FIFA Ballon d'Or 2010 lebih pantas disematkan kepada Andres Iniesta atau Xavi Hernandez karena kedua pemain tersebut selain membawa Barcelona juara La Liga juga memiliki andil yang cukup besar untuk membawa Spanyol juara Piala Dunia 2010. Terutama Xavi, ia adalah jenderal lapangan tengah Spanyol yang memberi andil besar dalam setiap permainan Spanyol. Sedangkan Iniesta pada waktu itu hanya mencetak gol kemenangan pada final.

Opsi lain untuk FIFA Ballon d'Or 2010 pada waktu itu adalah Wesley Sneijder. Selain membawa Inter juara Serie-A, Sneijder juga tampil impresif bersama Belanda saat Piala Dunia 2010. Kala itu Belanda tak terkalahkan dari fase grup sampai semifinal, Sneijder pun menjadi top skor Belanda dengan 4 gol nya dan berperan besar dalam setiap kemenangan Belanda, hanya saja di final harus mengakui keunggulan Spanyol 1-0. Xavi lebih pantas meraih FIFA Ballon d'Or 2010 pada waktu itu.

Namun, kenyataannya berbeda. FIFA Ballon d'Or 2010 kembali jatuh ke Lionel Messi dengan posisi kedua dan ketiga yaitu Andres Iniesta lalu Xavi Hernandez. Sungguh miris menurut saya, pertimbangan apa yang dipikirkan dalam pemilihan kala itu. Pemain terbaik dunia bukan sekedar permainan individu yang bagus tetapi juga permainan dalam tim yang membuat suatu perubahan kesuksesan besar pada tim itu.

Edisi FIFA Ballon d'Or ketiga dan keempat untuk Messi, Insyaallah akan saya bahas pada artikel berikutnya yang berjudul "Pantaskah Messi Raih FIFA Ballon d'Or untuk Keempat Kalinya? (2)" (klik saja). Untuk saat ini, bersambung dulu sampai di sini.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!