Lagi, Messi Pemain Terbaik FIFA Ballon d’Or 2012 - Guntara.com

Tuesday, 8 January 2013

Lagi, Messi Pemain Terbaik FIFA Ballon d’Or 2012

http://duniasoccer.com/var/gramedia/storage/images/duniasoccer/internasional/antarnegara/kompetisi-lain/news/messi-kembali-raih-fifa-ballon-d-or/10697415-1-ind-ID/Messi-Kembali-Raih-FIFA-Ballon-d-Or_duniasoccer615.jpg
Messi Pemain Terbaik FIFA Ballon d'Or 2012 (sumber gambar : duniasoccer.com)
Lionel Messi (25 tahun), penyerang mungil klub Barcelona ini terpilih menjadi pemain terbaik dunia 2012 atau FIFA Ballon d’Or 2012. Tadi malam (7/1) Messi kembali unggul perolehan suara saat pemilihan pemain terbaik dunia 2012 di markas FIFA, Zurich, Swiss. Bintang berkewarganegaraan Argentina ini ini meraih 41,60 persen suara, dengan menyisihkan dua pesaingnya yaitu Christiano Ronaldo (23,68 persen) dan Andres Iniesta (10,91 persen). Sebelumnya kontestan tiga besar tersebut telah disaring dari 23 nama pemain yang dinominasikan sebagai pemain terbaik dunia 2012.

Pemain bernomor punggung 10 ini meraih penghargaan sebagai pemain terbaik dunia (FIFA Ballon d’Or) untuk keempat kalinya secara berturut-turut. Mulai sejak tahun 2009, 2010, 2011, dan 2012. Penyerang klub Barcelona yang sukses mencetak 50 gol di La Liga dalam musim 2011/2012 lalu, sejak awal sudah diperkirakan akan meraih pemain terbaik FIFA untuk empat tahun berturut-turut. Sebelumnya, belum ada satu pun pemain yang mampu meraih penghargaan terbaik dunia ini secara empat kali berturut-turut. Pada edisi sebelumnya (sebelum tahun 2009 penghargaan ini dinamai FIFA World Player of The Year kemudian mulai tahun 2010 dinamai FIFA Ballon d’Or hasil merger dengan Ballon d’Or) Zinedine Zidane dan Ronaldo de Lima hanya meraih tiga kali penghargaan ini, itupun tidak diraih secara berturut-turut.

"Sejujurnya, penghargaan keempat kalinya ini sungguh sangat luar biasa... Rasanya sulit untuk diukur melalui kata-kata," kata Messi, usai menerima penghargaan tersebut. (dikutip dari detik.com)

Messi kemudian mengakui, penghargaan ini tidak terlepas dari sokongan rekan-rekannya di Barcelona, terutama sosok Iniesta. "Sebuah pengalaman luar biasa dapat berlatih dan bermain dengan Anda (Iniesta)". (dikutip dari detik.com)

Di hadapan tamu undangan dan wartawan, Messi lantas mengucapkan terimakasih pada rekan-rekannya di timnas Argentina dan teman-teman yang memberikan suara padanya. Secara khusus, Messi juga menyebut peran istri dan anaknya yang selalu memberi dukungan. (dikutip dari detik.com)

Walaupun penampilan Messi musim lalu hanya mampu membawa Barcelona meraih satu juara, yaitu juara Copa del Rey (Piala Raja Spanyol). Namun, penampilan fantastisnya dengan torehan 91 gol dalam setahun tampaknya membuat pertimbangan ia terpilih kembali menjadi pemain terbaik dunia FIFA. Rekor 91 gol dalam setahun milik Messi tersebut telah mengalahkan rekor sebelumnya milik Gerd Mueller (Jerman) dengan 85 gol dalam setahun. Messi mencatatankan rekor baru termasuk jumlah gol terbanyak untuk sebuah klub dan satu negara.

Ada berbagai nominasi yang diberikan FIFA untuk mengapresiasi insan sepak bola dunia. Uniknya, FIFA Team of The Year didominasi oleh para pemain yang berkarier di La Liga. Berikut daftar penghargaan yang diberikan FIFA:

FIFA Ballon d'Or: Lionel Messi (Argentina/Barcelona)
Pesepak Bola Wanita Terbaik FIFA: Abby Wambach (Amerika Serikat/Magic Jack)
Penghargaan Puskas FIFA: Miroslav Stoch (Slovakia/Fenerbache)
Pelatih Pria Terbaik FIFA: Vicente Del Bosque (Spanyol/ Tim Nasional Spanyol)
Pelatih Perempuan Terbaik FIFA: Pia Sundhage (Swedia/ Tim Nasional Swedia)
Penghargaan Presiden FIFA: Franz Beckenbauer (Jerman)
Penghargaan Fair Play FIFA: Federasi Sepak Bola Uzbekistan
Tim Terbaik FIFA / FIFPro:
Kiper: Iker Casillas (Spanyol/Real Madrid)
Bek: Dani Alves (Spanyol, Barcelona), Gerard Pique (Spanyol, Barcelona), Sergio Ramos (Spanyol, Real Madrid), Marcelo (Brasil, Real Madrid)
Gelandang: Xabi Alonso (Spanyol, Real Madrid), Xavi Hernandez (Spanyol, Barcelona), Andres Iniesta (Spanyol, Barcelona
Penyerang: Lionel Messi (Argentina/Barcelona), Radomel Falcao (Kolombia, Atletico Madrid), Cristiano Ronaldo (Portugal/Real Madrid)

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!