Cara Membuat Daftar Isi / Sitemap / Indeks dari Artikel pada Blogspot

17:32:00
Daftar Isi (sitemap) dari blog Catatan Si iGun
Selamat sore, sedherek blogger! Insyaallah saya pada sore hari ini akan kembali berbagi tips mengenai cara membuat daftar isi / indeks / sitemap artikel-artikel dari blog kalian. Tips ini ditujukan kepada kalian yang menggunakan blogspot atau blogger sebagai weblog kalian. Mungkin tips-tips seperti ini sudah menjamur di dunia maya, tetapi tiada salahnya bila saya ikut berbagi kepada sedherek blogger.
Hal yang sangat mudah untuk menampilkan daftar isi / indeks / sitemap artikel-artikel dari blog kalian karena sudah tersedia secara bebas macam-macam javascript-nya. Membuat daftar isi / indeks / sitemap artikel-artikel dari blog kalian mempunyai banyak manfaat. Salah satunya yaitu memudahkan pengunjung dalam melakukan pencarian suatu artikel. Logikanya seperti kegunaan daftar isi pada sebuah buku. Apalagi kalau buku tersebut sangat tebal, tanpa adanya daftar isi maka pembaca akan sangat kesulitan. Begitu juga dengan blog kalian, selain itu ada pula kabar burung menyatakan bahwa suatu blog yang tidak memiliki daftar isi tersebut tidak akan bisa memasang iklan dari google (google adsense).

Kita langsung menuju langkah-langkahnya saja :
1. Login ke akun blogger kalian (blogspot)
2. Masuk ke menu "Laman"
3. Pilih "Laman Baru"
4. Kemudian akan muncul jendela "Laman Baru" tersebut, disanalah kita akan menaruh daftar isi blog kita.
5. Beri judul laman baru sesuka kalian.
6. Copy-paste kode di bawah ini ke dalam laman baru tersebut pada kotak isi (konten).
7. Gantilah teks "http://igun.blogspot.com" pada kode tersebut dengan alamat blog kalian.
8. Sebelumnya setting agar pengunjung tidak bisa memberi komentar pada laman tersebut agar tidak mengotori halaman.
9. Publikasikan laman tersebut dan selesai, silakan dicek! Kalian akan mempunyai daftar isi blog kalian!

Saya disini memakai cara membuat "Laman Baru" bukan "Entri Baru" karena kalau "Entri Baru" bisa tertumpuk oleh entri-entri selanjutnya. Jadi sia-sia saja kalau kalian buat daftar isi tapi tertumpuk oleh entri-entri di atasnya. Sebaiknya kalian membuat "Laman Baru" jadi seakan-akan daftar isi ini berdiri sendiri tidak dipengaruhi oleh entri, label, maupun arsip. Untuk selanjutnya kalian tinggal membuat link menuju halaman daftar isi ini pada tampilan blog kalian.

Inilah screenshot apabila laman daftar isi kalian sudah berhasil :


Terdapat kata "NEW !!" artinya artikel tersebut baru (postingan baru). Dalam hal ini daftar isi akan mengurutkan setiap artikel berdasarkan label (katagorinya). Jadi pastikan setiap artikel yang kalian buat memiliki label, apabila tidak memiliki label maka tidak akan terindeks. Label sangat memudahkan pembaca untuk menentukan tema artikel yang dicari. Bagaimana mudah bukan cara membuat daftar isi / indeks / sitemap artikel-artikel dari blog kalian??? Silakan bertanya apabila ada ganjalan dari kalian, saya tunggu komentar kalian!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon