Akhirnya Liverpool Juara Liga Inggris, Cek Sederet Fakta Menariknya - Guntara.com

Saturday, 27 June 2020

Akhirnya Liverpool Juara Liga Inggris, Cek Sederet Fakta Menariknya

Liverpool akhirnya merengkuh gelar juara Liga Inggris (English Premier League) musim 2019/2020 setelah rival mereka Manchester City dijungkalkan 2-1 oleh Chelsea di Stamford Bridge. Kekalahan Manchester City tersebut praktis membuat poin Liverpool tidak terkejar lagi meski Liga Inggris masih menyisakan 7 laga. 
Liverpool Juara Liga Inggris 2019/2020 www.guntara.com
Liverpool Juara Liga Inggris 2019/2020
Berikut sederet fakta menarik Liverpool juara Liga Inggris 2019/2020:

1. Penantian Panjang

Liverpool telah lama menanti-nanti gelar juara Liga Inggris setelah terakhir diraih pada musim 1989/1990, kala itu belum menggunakan format English Premier League seperti sekarang. Tepat 30 tahun Liverpool berpuasa gelar akhirnya berbuka gelar juga. Saking lamanya, fans Liverpool yang dulunya masih anak kecil, saat ini sudah dewasa dan mempunyai anak kecil seusianya dulu lagi.

2. Gelar Pertama EPL

Sejak Liga Inggris berubah format menjadi English Premier League (EPL) pada musim 1992/1993, Liverpool belum pernah sama sekali juara liga. Liga didominasi oleh Manchester United, Chelsea, Manchester City hingga Arsenal. Pada akhirnya musim ini Liverpool berhasil meraih gelar pertamanya untuk Liga Inggris berformat EPL.

3. Tercepat Juara Liga Inggris

Liverpool menjadi klub tercepat yang menjuarai Liga Inggris. Liverpool menyisakan 7 laga artinya merupakan yang tercepat. Klub tercepat sebelumnya menyisakan 5 laga. Benar-benar tidak terkejar laju Liverpool pada musim ini. Kalau tidak tertunda karena COVID-19 mungkin Liverpool sudah bisa juara sejak awal April lalu.

4. Klub Inggris Tersukses

Tambahan satu gelar ini membuat Liverpool menjadi klub tersukses di Inggris. Total koleksi trofi Liverpool menjadi 43 buah (gelar liga, piala FA, piala liga, piala eropa, dan piala lainnya yang resmi) melewati koleksi 42 trofi Manchester United.

5. Manajer Jerman Pertama

Juergen Klopp mencatatkan sejarah sebagai manajer asal Jerman pertama yang berhasil merengkuh Liga Inggris. Belum pernah ada manajer Jerman lainnya yang berhasil merengkuh Liga Inggris selain dia. Luar biasa memang prestasi yang ditorehkah Klopp. Buah dari penantian yang sabar dan usaha yang gigih.

6. Bantuan dari Chelsea 

Chelsea lagi-lagi menjadi "ibu peri" dalam perebutan gelar Liga Inggris. Kemenangan Chelsea 2-1 atas Manchester City sangat membantu Liverpool memenangkan Liga Inggris tanpa susah payah bertanding lagi. Sebelumnya pada tahun 2015, Chelsea membantu Manchester City juara Liga Inggris dengan mengalahkan rivalnya saat itu Liverpool. Selanjutnya pada tahun 2016, Chelsea menahan imbang Tottenham Hotspurs yang membuat Leicester City otomatis meraih gelar Liga Inggris. Memang baik betul Chelsea, semua harus berterimakasih padanya.

No comments:

Post a comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!