Profil Program Studi Diploma Pengindraan Jauh & SIG - Guntara.com

Tuesday 5 February 2013

Profil Program Studi Diploma Pengindraan Jauh & SIG

SNMPTN maupun SMBPTN sudah semakin dekat. Masih banyak di antara kalian yang bimbang ingin masuk program studi mana. Di sini saya akan menyajikan profil singkat mengenai program studi yang saya masuki dalam dunia perkuliahan, yaitu Program Studi Diploma Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi. Mungkin banyak di antara kalian yang sama sekali belum pernah mendengarnya, tapi inilah program studi langka yang prospek kerjanya sangat bersinar dan luas. Perlu diketahui sebelumnya, bahwa program diploma tidak menggunakan kedua jalur masuk di atas, tetapi menggunakan seleksi tersendiri. Nanti akan saya paparkan di momen berikutnya mengenai profil khusus prodi ini. Di sini saya hanya akan menampilkan profil secara umum dari Program Studi Diploma Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi.
Mahasiswa PJSIG UGM 2012
Profil
Program Diploma Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (D3 PJSIG) dibuka pertama tahun 1999 berdasarkan SK DIKTI No. 358/DIKTI/Kep/1998 dan dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai, bekerja mandiri ataupun mendampingi sarjana S-1 dan S-2 di bidang survei-pemetaan. Program Diploma III PJ & SIG memberi bekal penguasaan teknis yang kuat pada 3 dari 5 bidang utama survei pemetaan, yaitu : Penginderaan Jauh, Sistem Informasi Geografi,dan Kartografi; sementara 2 bidang utama lain (fotogrametri dan land surveying) tetap diberikan secara memadai. Penggunaan Global Positioning System (GPS) juga diberikan di program ini.

Penginderaah Jauh merupakan ilmu dan teknologi perolehan informasi obyek atau fenomena di permukaan bumi tanpa kontak langsung. Untuk dapat memperoleh informasi itu, diperlukan sensor yang dipasang pada pesawat udara, pesawat ulang- alik, atau satelit tak berawak. Sensor dapat berupa kamera fotografik, antena radar, maupun scanner multispektral/hiperspektral. Sensor menghasilkan citra (gambar) untuk dianalisis lanjut sesuai tema, menjadi peta.

Sistem Informasi Geografi (SIG) merupakan sistem berbasis komputer untuk pengumpulan, manajemen, analisis dan pemodelan, serta pembuatan output semua Iinformasi spasial, yaitu yang mempunyai referensi lokasi pasti di permukaan bumi. SIG memproses peta dengan bantuan komputer. Penginderaan jauh dan SIG sangat diperlukan dalam perencanaan wilayah/kota, pengelolaan sumberdaya hutan, mineral, kelautan, mitigasi bencana alam, manajemen fasilitas jaringan telekomunikasi.

Kompetensi Kelulusan
  1. Mampu melakukan teknik-teknik perolehan, pengolahan, analisis, mengelola, dan diseminasi data spasial,
  2. Mampu melakukan pemrosesan dan interpretasi citra penginderaan jauh untuk berbagai fenomena geosfer, serta memvisualisasikannya dalam bentuk peta,
  3. Mampu memanfaatkan peta dan berbagai citra penginderaan jauh sebagai sarana analisis data spasial,
  4. Mampu mengoperasikan berbagai perangkat lunak dan perangkat keras untuk pemetaan, pemrosesan citra dan sistem informasi geografis,
  5. Mampu melakukan kegiatan survei dan pemetaan.
Fasilitas Pendidikan
Kegiatan kuliah (35%) dan praktikum (65%) didukung oleh fasilitas ruang kuliah yang nyaman dengan fasilitas AC dan LCD-Viewer, Laboratorium Analisis Data Digital SIG dan Penginderaan Jauh yang dilengkapi Komputer (16 komputer diantaranya ber-Processor i-5) dengan LCD Monitor, Laboratorium Analisis Visual serta didukung oleh berbagai laboratorium di Fakultas Geografi UGM, antara lain: Lab. Penginderaan Jauh Dasar, Lab. Penginderaan Jauh Terapan, Lab. Pemrosesan Citra Digital, PUSPICS, Lab. Sistem Informasi Geografis, Lab. Desain dan Konstruksi Peta, Lab. Hidrometerorologi, Lab. Geomorfologi Dasar, dan Lab.Geografi Tanah, serta Laboratorium alam pesisir di Parangtritis.

Guna mendukung kegiatan belajar mandiri mahasiswa disediakan Perpustakaan dan Jaringan internet melalui Sambungan Wi-Fi serta fasilitas pendukung lain berupa Mushola, Ruang Organisasi Mahasiswa-STARGIS, Ruang Auditorium, Pusat Layanan Fotocopy dan Kantin.

Kurikulum
Pendidikan Diploma Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh ditempuh melalui sistem kredit semester (SKS), dimana beban SKS yang harus diselesaikan minimal sebanyak 115 SKS. Diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan program pendidikan selama 5 - 6 semester. Gelar yang akan diterima adalah Ahli Madya (A.Md)

Beasiswa
Bagi mahasiswa berprestasi diberikan beberapa peluang untuk mendapatkan beasiswa ( + 30% dari total mahasiswa), diantaranya berupa beasiswa PPA, BOP, BIDIK MISI, Bantuan Pendidikan, BBM, PT. INDOCEMENT, dan Bank BTN.

Peluang Kerja
Lapangan kerja lulusan bidang Penginderaan Jauh dan SIG sangat luas. Lembaga seperti Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Lemigas, LIPI, BPPTeknologi, Kementrian Kehutanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan, Kementrian Pekerjaan Umum, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Badan Intelejen Negara, Kementrian Kesehatan, Universitas/Perguruan Tinggi dan Bappeda Provinsi/Kabupaten banyak membutuhkan tenaga terdidik di bidang ini. Konsultan dan Perusahaan swasta seperti PT. Tigenco Graha Persada, PT. Duta Astakona Girinda, PT. EXSA MAP Asia, PT. EXSA Internasional, PT. Waindo SpecTerra, PT. SMART Tbk, PT. Holcim Indonesia Tbk, PT. Wilmar Internasional, PT Pertamina PE., PT. Black Platinum Energy, PT. Indika Energy Tbk., PT. Bayan Resources Tbk., PT. Merukh Enterprises., PT. Daya Bumindo Karunia, PT. Bumitama Gunajaya Agro, yang membutuhkan tenaga bidang penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografi terus berkembang. Hampir seluruh Kabupaten saat ini masih kekurangan tenaga terlatih/terdidik dalam pemetaan dan pengelolaan data wilayah dalam menyongsong era otonomi daerah. 

Kerjasama
Program Diploma juga melakukan kerja sama dengan instansi pemerintah (PEMDA, BAKOSURTANAL, TNI-POLRI) maupun swasta, untuk mendidik pegawai/prajurit-nya menjadi ahli madya profesional bidang PJ & SIG yang sesuai dengan aplikasi di lingkungan kerjanya. 

Alumni
Sampai dengan bulan Februari Tahun 2012 Program Diploma SIG & PJ telah meluluskan lebih dari 450 alumni, yang tersebar diseluruh indonesia. Sebagian Besar alumni Program Diploma SIG & PJ telah bekerja di berbagai bidang baik di instansi pemerintah ataupun instansi swasta.

Beberapa alumni dari Program Diploma SIG & PJ telah bekerja diberbagai lembaga pemerintah seperti Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL), LAPAN, BPN (Badan Pertanahan Nasional), Departemen Pendidikan Nasional, Bappeda Provinsi/kabupaten, Pemerintah Daerah, Departemen Kehutanan, TNI dan Kepolisian.   

Disamping itu juga telah bekerja di sektor swasta pada berbagai bidang, yaitu Survei dan Pemetaan, Kesehatan, Pertanian dan Perkebunan, Pertambangan, Ekonomi dan Perbankan, Kehutanan, dan lain-lain. Perusahaan tersebut diantaranya :    PT. Tigenco Graha Persada, PT. Duta Astakona Girinda, PT. EXSA MAP Asia, PT. EXSA Internasional, PT. Waindo SpecTerra, PT. SMART Tbk, PT. Holcim Indonesia Tbk, PT. Wilmar Internasional, PT Pertamina PE., PT. Black Platinum Energy, PT. Indika Energy Tbk., PT. Bayan Resources Tbk., PT. Merukh Enterprises., PT. Daya Bumindo Karunia.

Saat ini peluang kerja sangat terbuka lebih luas karena beberapa sektor pemerintah mulai membutuhkan tenaga ini untuk mengatur data spasial pada wilayah kerjanya dan juga pergerakan penanganan data spasial pada sektor swasta makin berkembang lebih luas, tidak hanya menangani data dalam negeri tetapi juga data-data di negara lain.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)
  1. PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu)
  2. PBUPD (Penelusuran Bibit Unggul Pembangunan Daerah)
  3. PBUB ((Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi)
  4. PBUSMAK ((Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menengah Kejuruan)
  5. UJIAN TULIS ( 2 periode)
Masa Studi
Masa Studi pada program diploma SIG dan PJ ditempuh dalam waktu 3 tahun dengan menggunakan sistem kredit semester (SKS), dan dalam mengukur beban studi terbagi dalam bentuk kegiatan, yaitu: (a) perkuliahan, (b) praktikum, (c) tugas kuliah, (d) praktek lapangan, (e) kerja praktek (magang), (f) penyusunan tugas akhir (karya tulis ilmiah). Untuk menyelesaikan pendidikannya, mahasiswa diberi beban sebanyak 115 SKS, dengan IP>=2,0 tanpa nilai E, T, dan K, serta D jumlah SKS-nya tidak lebih dari 25 % jumlah SKS keseluruhan.
 

Biaya Pendidikan
Guna menempuh kegiatan belajar mengajar mahasiswa dibebani biaya pendidikan berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) yaitu belum ditentukan kembali untuk tahun ajaran 2014/2015 dibayarkan per semester dan tidak ada uang masuk (SPMA) maupun uang SKS dan uang praktikum tambahan.

Alamat Kampus
Gedung B :
Pasca Sarjana dan Diploma SIGPJ,
Fakultas Geografi-Univesitas Gadjah Mada,
Bulaksumur, Yogyakarta KodePos 55281
Telepon 0274 - 6492347, 085327866920, Fax. 0274 - 6492347
e-mail : d3sigpj@ugm.ac.id

Website

19 comments:

  1. mau tanya kalau FB nya Sekolah Vokasi UGM prodi PJ & SIG ada nggak ya? saya cari kok nggak ada..hehe

    ReplyDelete
  2. Mas Ilham di mana-mana ada eg -___- HEBAT!!!! Browsing/searching tentang PJSIG msti ada mas Ilham :)

    ReplyDelete
  3. I feel really nice reading these articles I mean there are writers that can write good material.
    diploma of supply chain management

    ReplyDelete
  4. Thanks for sharing helpful information, I really like your all post. I will bookmark your blog for future updates. Send Gift To Pakistan

    ReplyDelete

  5. My partner and I stumbled over here by a different web address and thought I might check things out. I like what I see so now i'm following you. Look forward to looking over your web page repeatedly. outlook 365 sign in

    ReplyDelete
  6. Upon the consummation of program, you will probably make shading composites and renderings. You will likewise have the capacity to utilize refined programming and PC applications as configuration devices. buy fake diploma

    ReplyDelete
  7. Matt Hosty is a successful webmaster and owner of popular and comprehensive Glitter for crafts

    ReplyDelete
  8. Here now gone again later and less respectable organizations of learning, as well as false certification offices, have existed for a long time now. However, the presence of these colleges and certifying offices appears to have detonated as of late.
    https://dynamichealthstaff.com/nursing-jobs-in-canada-for-indian-nurses

    ReplyDelete

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!