Pengertian Overlay Dalam Sistem Informasi Geografi - Guntara.com

Thursday 31 January 2013

Pengertian Overlay Dalam Sistem Informasi Geografi

Overlay adalah prosedur penting dalam analisis SIG (Sistem Informasi Geografis). Overlay yaitu kemampuan untuk menempatkan grafis satu peta diatas grafis peta yang lain dan menampilkan hasilnya di layar komputer atau pada plot. Secara singkatnya, overlay menampalkan suatu peta digital pada peta digital yang lain beserta atribut-atributnya dan menghasilkan peta gabungan keduanya yang memiliki informasi atribut dari kedua peta tersebut. 

Teknik Overlay dalam SIG
Overlay merupakan proses penyatuan data dari lapisan layer yang berbeda. Secara sederhana overlay disebut sebagai operasi visual yang membutuhkan lebih dari satu layer untuk digabungkan secara fisik.

Pemahaman bahwa overlay peta (minimal 2 peta) harus menghasilkan peta baru adalah hal mutlak. Dalam bahasa teknis harus ada poligon yang terbentuk dari 2 peta yang di-overlay. Jika dilihat data atributnya, maka akan terdiri dari informasi peta pembentukya. Misalkan Peta Lereng dan Peta Curah Hujan, maka di peta barunya akan menghasilkan poligon baru berisi atribut lereng dan curah hujan.

Teknik yang digunaan untuk overlay peta dalam SIG ada 2 yakni union dan intersect. Jika dianalogikan dengan bahasa Matematika, maka union adalah gabungan, intersect adalah irisan. Hati-hati menggunakan union dengan maksud overlay antara peta penduduk dan ketinggian. Secara teknik bisa dilakukan, tetapi secara konsep overlay tidak.
Variabel Overlay dalam SIG
Ada beberapa fasilitas yang dapat digunakan pada overlay untuk menggabungkan atau melapiskan dua peta dari satu daerah yang sama namun beda atributnya yaitu :

1.    Dissolve themes
Dissolve yaitu proses untuk menghilangkan batas antara poligon yang mempunyai data atribut yang identik atau sama dalam poligon yang berbeda

Peta input yang telah di digitasi masih dalam keadaan kasar, yaitu poligon-poligon yang berdekatan dan memiliki warna yang sama masih terpisah oleh garis poligon

Kegunaan dissolve yaitu menghilangan garis-garis poligon tersebut dan menggabungkan poligon-poligon yang terpisah tersebut menjadi sebuah poligon besar dengan warna atau atribut yang sama.

2.    Merge Themes
Merge themes yaitu suatu proses penggabungan 2 atau lebih layer menjadi 1 buah layer dengan atribut yang berbeda dan atribut-atribut tersebut saling mengisi atau bertampalan, dan layer-layernya saling menempel satu sama lain.

3.    Clip One Themes
Clip One themes yaitu proses menggabungkan data namun dalam wilayah yang kecil, misalnya berdasarkan wilayah administrasi desa atau kecamatan.
Suatu wilayah besar diambil sebagian wilayah dan atributnya berdasarkan batas administrasi yang kecil, sehingga layer yang akan dihasilkan yaitu layer dengan luas yang kecil beserta atributnya.

4.    Intersect Themes
Intersect yaitu suatu operasi yang memotong sebuah tema atau layer input atau masukan dengan atribut dari tema atau overlay untuk menghasilkan output dengan atribut yang memiliki data atribut dari kedua theme.

5.    Union Themes
Union yaitu menggabungkan fitur dari sebuah tema input dengan poligon dari tema overlay untuk menghasilkan output yang mengandung tingkatan atau kelas atribut.

6.    Assign Data Themes
Assign data adalah operasi yang menggabungkan data untuk fitur theme kedua ke fitur theme pertama yang berbagi lokasi yang sama Secara mudahnya yaitu menggabungkan kedua tema dan atributnya

11 comments:

  1. Kekurangan dan kelebihan dari overlay apa ya mas ?

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya, saya jadi tau lebih luas tentang materi GIS...
    mantap gaan

    jangan lupa kunjungi website saya : https://sfasah.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan juga website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya saya jdi lebih tau tentang gis

    kunjungi juga website saya: http://istaryani.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan kunjungi web kampus saya: http://www.atmaluhur.ac.id/
    terima kasih

    ReplyDelete
  4. terima kasih kak untuk artikelnya saya jadi mengenal apa itu overlay dan mengetahui tentang teknik union dan intersect yang digunaan untuk overlay peta dalam SIG

    kunjungi juga website saya: http://jeje.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan kunjungi web kampus saya: http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  5. Terimakash atas informasinya tentang overlay dan mengetahui tentang teknik union dan intersect yang digunaan untuk overlay peta dalam SIG..
    kunjungi juga website saya: http://msq.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan kunjungi web kampus saya: http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  6. Terima kasih untuk penjelasan mengenai Pengertian Overlay Dalam Sistem Informasi Geografi saya jd terbantu dalam mengerjakan tugas.
    saya dari kampus ISB Atma Luhur jangan lupa kunu=jungi juga web kampus saya ya.
    Sekali lagi terima kasih untuk postinganya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. Terimakasih kakak atas artikelnya bermanfaat sekali semoga saya bisa menerapkan ilmunya dan bisa saling berbagi.O iya perkenalkan nama saya Deta Ekabrahma, dan nim saya 15115000070 dari kampus
    ISB Atma Luhur

    ReplyDelete

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!