Inilah 9 Persiapan Fisik dan Lingkungan Menjelang Ramadan - Guntara.com

Sunday, 21 May 2017

Inilah 9 Persiapan Fisik dan Lingkungan Menjelang Ramadan

Persiapan untuk menyambut Bulan Suci Ramadan tidak hanya pada hati dan jiwa. Namun aspek fisik dan lingkungan juga perlu kita siapkan. Bulan Ramadan tinggal menunggu hitungan hari. Segala persiapan harus benar-benar matang supaya kita dapat menjalani Ramadan dengan penuh berkah dan rahmat. Berikut 9 aspek persiapan fisik dan lingkungan yang patut dilakukan menjelang Ramadan.
Inilah 9 Persiapan Fisik dan Lingkungan Menjelang Ramadan www.guntara.com
Inilah 9 Persiapan Fisik dan Lingkungan Menjelang Ramadan
1. Siapkan Bekal

Bekal-bekal fisik yang diperlukan untuk menyambut Ramadan adalah bacaan Islami. Bacaan Islami bisa didapatkan dengan cara membeli buku, meminjam buku, atau mengunduh buku di internet. 

2. Siapkan Camilan

Camilan untuk mengisi Ramadan nanti agar tidak bosan perlu kita siapkan dengan baik. Camilan dapat berupa mp3 tilawah, nasyid/lagu islami, video/audio ceramah dari ustadz favorit, atau aplikasi Islami. Semua konten tersebut akan membuat suasana Ramadan semakin berwarna dan ceria.

3. Bersih-bersih

Ingat, kebersihan sebagian dari iman. Mari kita sisihkan waktu kita untuk bebersih lingkungan kita. Terutama rumah kita, terutama lagi kamar kita. Agas suasana tetap asri dan nyaman sehingga membuat kita tetap bersemangat dalam menjalani ibadah.

4. Taawudz

Mari senantiasa memohon perlindungan Allah dari godaan setan yang terkutuk. Meskipun katanya setan-setan dibelenggu di Bulan Ramadan, tidak menutup kemungkinan godaan tersebut masih ada. Tetaplah waspada dengan tipu daya licik setan dan jangan lengah.

5. Tuntaskan Fiqih

Dasar-dasar ilmu Islam kita harus dituntaskan terlebih dahulu. Amal harus berlandaskan ilmu, maka pastikan kita telah memahami ilmunya dengan benar. Terutama ilmu terkait ibadah di Bulan Ramadan.

6. Berhitung Mundur

Berhitung merupakan kegiatan yang menyenangkan. Mari dengan senang dan gembira kita berhitung mundur menuju Bulan Ramadan sehingga membuat diri kita bersiap dan semakin merindukan kehadirannya.

7. Daftar Doa

Bulan Ramadan merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Alangkah lebih baik kita siapkan doa-doa yang akan kita panjatkan selama Bulan Ramadan, takutnya nanti kita kelupaan saking banyaknya doa. Buat daftar kecil doa-doa pada kertas.

8. Sahabat Saleh

Carilah sahabat atau kawan saleh atau salehah di samping kita. Teman yang baik akan membawa dampak baik pula sehingga kita bisa semakin khusyuk dalam beribadah dan bermuhasabah.

9. Jaga Kesehatan

Kesehatan merupakan hal paling penting dalam menjalani Ramadan. Pastikan kita menjaga pola makan dengan nutrisi yang baik, jangan malas untuk berolahraga meski ringan asal rutin, dan yang tidak kalah penting jagalah kebersihan baik diri sendiri maupun lingkungan.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!