Watu Lawang, Destinasi Baru Wisata Alam Indah di Kabupaten Bantul yang Ramah Tamah

09:01:00
Pesona alam keindahan "Bumi Projotamansari" Kabupaten Bantul memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bentang alam berupa pegunungan struktural yang berada di sisi timur Kabupaten Bantul masih menyimpan sejuta potret keindahan alam natural yang akan memanjakan mata para penikmatnya. Salah satu yang baru saja dikunjungi adalah objek wisata Watu Lawang, terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.
Ilham Guntara Berfoto Ria di Puncak Watu Lawang www.guntara.com
Ilham Guntara Berfoto Ria di Puncak Watu Lawang
Objek wisata ini masih cukup baru dan dikelola mandiri oleh kelompok masyarakat sehingga fasilitasnya masih terbatas. Namun justru keterbatasan ini menciptakan sensasi berupa keindahan natural yang menyegarkan mata serta melepaskan seluruh beban penat dalam raga. Perjalanan menuju objek wisata Watu Lawang dapat ditempuh dalam waktu satu jam saja dari arah Kota Yogyakarta. Jalur paling sederhana adalah melalui Terminal Yogyakarta ambil lurus ke arah selatan menuju Jalan Imogiri Timur. Kemudian ambil jalur menuju Makam Raja-Raja Yogyakarta, nanti di sana akan ada petunjuk untuk menuju Desa Wisata Mangunan, tinggal diikuti saja sampai tuntas. Jalur sudah nyaman dan halus serta bisa dilalui oleh kendaraan bermotor roda dua, roda empat, bahkan bus.
Ilham Guntara Berfoto Ria di Puncak Watu Lawang www.guntara.com
Ilham Guntara Berfoto Ria di Puncak Watu Lawang
Tiket masuk objek wisata Watu Lawang per motor Rp 3.000, mobil Rp 5.000, dan bus Rp 7.000, sudah cukup itu saja tidak ada biaya tambahan lainnya. Harga yang sangat murah untuk menikmati sebuah keindahan alam yang natural. Sesampainya di area parkir, kita akan berjalan sebentar menuruni lereng dengan tangga-tangga kecil sederhana yang cukup curam, maka tetap berhati-hatilah. Kemudian berjalan sebentar dan sampailah pada titik akhir Watu Lawang.
Bentang Alam di Puncak Watu Lawang pada Sisi Kiri Timur www.guntara.com
Bentang Alam di Puncak Watu Lawang pada Sisi Kiri Timur
Watu Lawang secara bahasa Indonesia artinya Batu Pintu. Destinasi akhir Watu Lawang seperti pada umumnya berupa sebuah jembatan dari bambu yang dipasang di ujung tebing, kemudian di ujung tebing itu kita dapat menikmati pemandangan bentang alam di bagian bawah. Tentu titik ini juga sangat menarik untuk berfoto ria dengan segala kenarsisan yang ada.
Bentang Alam di Puncak Watu Lawang pada Sisi Kanan Barat www.guntara.com
Bentang Alam di Puncak Watu Lawang pada Sisi Kanan Barat
Bentang alam yang tersaji berupa hamparan lereng pegunungan struktural yang hijau berseri, adapula Sungai Oya yaitu sungai besar yang melintas di bawah akan terlihat kelokannya sangat indah dari atas bukit. Kemudian pemandangan di jauh tampak pula salah satu sisi dari pantai selatan Kabupaten Bantul serta keindahan lain yang sulit dideskripsikan dengan kata-kata, Masya Allah. Rasa syukur akan otomatis terpanjat saat kita berada di destinasi akhir tersebut. Objek wisata ini masih terbilang sepi jadi akan terasa sangat asri dan tenang jiwanya saat berkunjung ke sana.
Jajaran Warung dan Mainan Tradisional di Watu Lawang www.guntara.com
Jajaran Warung dan Mainan Tradisional di Watu Lawang
Sedikit membahas fasilitas yang ada di sana tersedia warung-warung kecil dengan menu makanan standar beragam dan harga sangat terjangkau. Adapula area bermain untuk anak-anak yang menyediakan ayunan dan juga mainan tradisional seperti egrang, dakon, dst. Masyarakat pengelola di sana juga menyambut dengan ramah tamah setiap kedatangan pengunjung. Itulah suasana khas yang membuat nyaman dan bersahabat ketika berkunjung ke sana. Penasaran? Datanglah dan nikmati keindahan Bumi Projotamansari! Setelah ini kita simak ulasan objek wisata alam lainnya khas Kabupaten Bantul yaitu Sewu Watu Sangga Langit.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon