Pengertian Fenomena Urban Heat Island (UHI) - Guntara.com

Monday, 24 October 2016

Pengertian Fenomena Urban Heat Island (UHI)

Urban heat island (UHI) atau pulau bahang (panas) perkotaan adalah isoterm tertutup yang menunjukkan daerah permukaan yang relatif hangat, paling sering daerah yang paling sering dikaitkan aktivitas manusia seperti pada pembangunan kota (American Meteorogical Society, 2000). Definisi lain lebih menekankan kepada efek dari UHI sebagai suhu yang lebih hangat di daerah perkotaan dibandingkan dengan lingkungan pedesaan disekitarnya (Oke, 2000). Berdasarkan kedua definisi di atas dapat diperjelas bahwa UHI merupakan perbedaan suhu udara pada daerah perkotaan dan daerah perdesaan.
Grafik Fenomena UHI www.guntara.com
Grafik Fenomena UHI (gambar: SWUH)
UHI ialah suatu fenomena atau kejadian peningkatan suhu udara di wilayah perkotaan dibandingkan dengan daerah sekitarnya hingga mencapai 3-10 °C. Fenomena ini terjadi karena perubahan penggunaan lahan dari vegetasi menjadi daerah beraspal, beton, lahan terbangun, dan lahan terbuka nonvegetasi. UHI secara jelas dapat dilihat pada Gambar 1.3 berikut ini (Khomarudin, 2004).

UHI terbentuk jika sebagian vegetasi digantikan oleh aspal dan beton untuk jalan, bangunan, dan infrastruktur lain yang diperlukan untuk mengakomodasi kebutuhan dan pertumbuhan populasi manusia. Permukaan yang tergantikan tersebut lebih banyak menyerap panas matahari dan juga lebih banyak memantulkannya, sehingga mengakibatkan suhu permukaan naik (Khomarudin, 2004).

Penutupan lahan tidak berpengaruh secara khusus terhadap suhu sebab baik lahan terbangun, lahan terbuka, vegetasi, maupun tubuh air memiliki nilai albedo masing-masing. Albedo adalah perbandingan tingkat sinar matahari yang datang ke permukaan dengan yang dipantulkan kembali ke atmosfir. Albedo setiap jenis permukaan menentukan rona suhu yang ditangkap oleh satelit hingga menghasilkan kenampakan suhu.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!