Urban Heat Island Dipengaruhi Oleh Faktor-Faktor Ini - Guntara.com

Monday, 24 October 2016

Urban Heat Island Dipengaruhi Oleh Faktor-Faktor Ini

Faktor yang berpengaruh terhadap perbedaan suhu tersebut terdiri dari faktor yang bisa dikendalikan oleh manusia, meliputi desain dan struktur kota (bahan bangunan, ruang terbuka hijau, dan sky view factor), jumlah populasi (menentukan panas antropogenik), dan faktor yang tidak bisa dikendalikan oleh manusia berupa musim, tutupan awan, dan dinamika atmosfer (Wicahyani & et al, 2013).
Urban Heat Island Dipengaruhi Oleh Faktor-Faktor Ini www.guntara.com
Urban Heat Island Dipengaruhi Oleh Faktor-Faktor Ini (gambar: tempo.co)
Aktivitas manusia yang menjadi sumber emisi bahan pencemar penentu UHI adalah transportasi, industri, sampah, konsumsi energi domestik Secara garis besar sumber-sumber tersebut dibagi menjadi aktivitas rumah tangga, lalu lintas, dan industri. Selain menghasilkan bahan pencemar, aktivitas manusia juga menghasilkan panas yang memberi efek pada peningkatan suhu, yaitu panas antropogenik. Panas dari aktivitas manusia  lebih banyak terjadi di perkotaan karena umumnya memiliki pemukiman, sarana transportasi, dan kawasan industri yang lebih padat daripada di daerah pedesaan (Wicahyani & et al, 2013).

Fenomena UHI yang meluas akan menyebabkan peningkatan ketidaknyamanan kehidupan manusia, sehingga manusia membutuhkan pendingin seperti AC, kipas angin yang berdampak pemborosan energi listrik dan polusi, dan menyebabkan green house effect (efek rumah kaca).

United States Environmental Protection Agency (US EPA) membedakan antara UHI permukaan dan UHI atmosfer (US EPA, 2008). Penelitian UHI menggunakan penginderaan jauh hanya mendapatkan analisis UHI permukaan, butuh mengetahui hubungan antara nilai suhu pada citra dengan suhu udara sesungguhnya jika dihubungkan denan UHI atmosfer. Dasar pemikirannya bahwa energi matahari diserap dan dipancarkan kembali ke atmosfer oleh fitur fisik lahan. Hal ini dianggap sebagai faktor utama dalam pemanasan kedua suhu permukaan dan udara, terutama di lapisan kanopi, yang paling dekat dengan permukaan.

Pendekatan penginderaan jauh dapat digunakan untuk menghasilkan nilai UHI, akan tetapi bukan UHI atmosfer, melainkan urban heat island permukaan. Data penginderaan jauh yang digunakan adalah citra suhu permukaan yang telah terkoreksi.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!