Berikut Kelebihan, Kekurangan, dan Fitur Terbaru dari Microsoft Office 2016

20:03:00
Microsoft Office 2016 telah resmi dirilis pada tanggal 22 September 2015 lalu. Perusahaan Microsoft secara konsisten mengeluarkan versi terbaru dari Microsoft Office setiap tiga tahun sekali. Berturut-turut mulai dari Microsoft Office 2004, 2007, 2010, 2013, dan 2016. Software multifungsi yang sangat berguna untuk berbagai keperluan khususnya perkantoran tersebut telah menjadi primadona di seluruh penjuru dunia. Kini versi terbaru dari software tersebut sudah bisa dinikmati di akhir tahun 2015 ini.
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office 2016 www.guntara.com
Microsoft Office 2016 (sumber gambar: pasartekno.com)
Sebelum melakukan instalasi Microsoft Office 2016, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu kelebihan, kekurangan, dan fitur-fitur baru yang tersemat di dalamnya. Berikut ulasan singkat terkait kelebihan, kekurangan, dan fitur-fitur baru dari Microsoft Office 2016:

Kelebihan
  • Bisa digunakan di berbagai perangkat elektronik device berbasis sistem operasi yang umum pada zaman sekarang, seperti PC, Laptop, Tablet, Smartphone, SmartTV, dan lain-lain. Bahkan versi terbaru dari Microsoft Office 2016 ini dapat dijalankan di berbagai platform, seperti Windows, Android, dan iOS.
  • Fitur Share dan Invite mempermudah kita dalam membagikan hasil kerja kita kepada teman sekantor atau lainnya. Kita bisa mengerjakan satu dokumen secara bersama-sama untuk hasil yang lebih baik dengan fitur ini. Microsoft juga telah menyediakan beberapa fitur Share untuk beberapa sosial media terkenal seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Tumblr, dst.
  • Memliki pilihan tema yang lebih banyak dan lebih variatif. Microsoft Office 2016 dilengkapi dengan 4 macam pilihan tema, yaitu White, Light Gray, Dark Gray, dan Black.
  • Memliki pilihan warna background yang lebih banyak juga. Tampilan penyesuaian background juga ditambahkan selain adanya optional untuk tema Microsoft Office 2016, ada sekitar 14 macam background yang bisa diterapkan.
  • Fitur tebaru yaitu Tell Me yang merupakan fitur favorit winpoin di Microsoft Office 2016. Kita tinggal mengetikkan sebuah kata di kotak yang disediakan, lalu akan muncul menu apa saja yang berhubungan dengan kata tersebut. Betapa praktisnya untuk mempermudah melakukan pencarian pada sebuah fitur atau perintah yang kita inginkan.
  • Microsoft Excel 2016 lebih powerfull dengan ditambahkannya banyak fitur baru yang seperti Data Cards, Rename Table / Column / Field di Power Pivot, Data Analysis, PowerView, dsb. Fitur-fitur tersebut dapat membuat kinerja kita lebih powerfull di Microsoft Excel 2016.
  • Memungkinkan terjadinya sinkronisasi antar-device dalam Office 2016, seperti Laptop ke PC, PC ke Tablet, Tablet ke Smartphone, dll.
Kekurangan
  • Microsoft Office 2016 tidak bisa digunakan untuk PC atau Laptop dengan platform Windows 7 ke bawah. Jadi, bagi yang menginginkan instalasi Microsoft Office 2016 di Windows  7 ke bawah (Windows 2000, ME, XP, dan Vista) harus meng-upgrade terlebih dahulu ke Windows 7, 8 atau 10.
  • Microsoft Office 2016 pada platform Android minimal dijalankan pada versi Android KitKat dan untuk produk iPhone minimal pada versi iOS 8.0.
  • Tidak seperti Windows 10 yang dibagikan gratis ke beberapa pihak konsumen. Kali ini Microsoft Office 2016 akan dibanderol dengan beberapa variasi harga sesuai jenisnya, yaitu untuk Office Home & Student 2016 dijual dengan banderol harga sekitar 120 USD (atau sekitar Rp 1,6 juta) sedangkan untuk versi Office Home & Business dijual dengan banderol harga sekitar 290 USD (atau sekitar Rp 4,2 juta).
Fitur Terbaru
  • Co-authoring kini tersedia di Word, PowerPoint, dan OneNote versi desktop pada Microsoft Office 2016. Termasuk di dalamnya adalah fitur real-time typing yang memungkinkan pengguna untuk melihat hasil pengolahan dengan pengguna lainnya.
  • Skype in-app integration yang tersedia dalam bentuk aplikasi tersendiri maupun melalui Office Online memungkinkan pengguna untuk melakukan chatting, screen share, serta talk atau video chat langsung dari dokumen yang sedang dikerjakan bersama pengguna lainnya.
  • Office 365 Groups kini merupakan bagian dari Outlook 2016 dan tersedia di perangkat mobile melalui Outlook Groups app. Fitur ini memberikan pengalaman kolaborasi yang konsisten antar pengguna, terlepas dari perangkat mobile berbeda yang mungkin mereka gunakan.
Bagaimana tertarik untuk bermigrasi ke Microsoft Office 2016? Sudah dipaparkan ulasan singkat terkait kelebihan, kekurangan, dan fitur-fitur baru dari Microsoft Office 2016. Konon Microsoft Office 2016 ini lebih ringan dijalankan di PC atau Laptop terlebih jika dipadukan dengan sistem operasi Windows 10. Kini pilihan ada di tangan Anda untuk beralih menuju yang lebih baik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon