Saatnya Beralih ke Windows 10, Berikut Ulasan Singkat dan Kelebihannya - Guntara.com

Sunday, 6 December 2015

Saatnya Beralih ke Windows 10, Berikut Ulasan Singkat dan Kelebihannya

Windows 10 telah resmi dirilis sejak pertengahan tahun ini tepatnya 29 Juli 2015. Windows 10 ini merupakan windows versi terbaru dan menurut kabar yang beredar bahwa Windows 10 adalah versi terakhir dari windows. Versi 10 ini dikatakan merupakan versi terbaik yang pernah dibuat Microsoft sebelumnya.
Tampilan Dekstop Windows 10 www.guntara.com
Tampilan Dekstop Windows 10 (oleh microsoft.com)
Microsoft mulai meniru gaya desain Google dalam merancang Windows 10 ini yaitu Material Design. Material Design adalah teknik desain yang bersifat sederhana. Kalau dahulu orang lebih suka desain yang berwarna-warni, kini beberapa pengembang sudah mulai beralih ke Material Design. Jadi, bisa disebut juga bahwa Material Design Windows ini sangat dominan akan flat design, yaitu seluruh komponen dan jendela akan berbentuk layaknya kumpulan kotak-kotak yang tersusun rapi. Inilah beberapa ulasan singkat tentang kelebihan Windows 10 dibanding yang lain:
  • Fast Booting – Ini adalah salah satu bagian andalan dari dari Windows 10. Selama menggunakan Windowsdari versi Windows XP, mungkin versi Windowsyang satu ini adalah yang tercepat. Bahkan hampir mengimbangi kecepatan boot jika OS diinstall di SSD. Proses startup PC akan menjadi lebih cepat dengan performa dan kecanggihan engine Windows 10 ini.
  • Perfomance Task Manager – Pada bagian ini bisa dikatakan bahwa apapun program yang di-install di Windows 10 ini terasa lebih ringan dan smooth (halus). Bahkan, aplikasi berat yang biasa di-install di Windows 7 kini terlihat lebih sedikit memakan memory (RAM) dan penggunaan CPU perfomance. Windows 10 mungkin saja sudah menerapkan sistem chacing process agar segala proses bisa lebih smooth.
  • Smooth in Game Mode – Bagi para pecinta game alias para gamers jangan takut game yang biasa dimainkan menjadi tidak bekerja baik (work) saat menggunakan Windows 10. Game-game yang biasa dimainkan seperti Point Blank, PES, dll pun bekerja dengan baik di Windows 10. Bahkan, lebih smooth (halus) dan tidak berat dibanding saat menggunakan Windows 7. Hal tersebut akibat performa Windows 10 yang sangat minim akan penggunaan CPU.
  • Mailers – Pernah mengenal Microsoft Outlook? Tampaknya fitur-fitur dan keunggulan dari software tersebut akan digantikan oleh Mailers bawaan Windows 10. Disini, tampilan mailers akan tampak lebih bagus dan smooth (halus) jadi pengguna akan merasa lebih nyaman dalam menerima serta membaca email.
  • Edge Browser – Pernah mengenal Internet Explorer dengan segala keterbatasan dan kekurangannya? Inilah yang ditunggu-tunggu para Developers (pengembang). Browser bawaan Internet Explorer yang biasa menjadi musuh para Web Developer telah berganti menjadi Microsoft Edge. Meski keberadaan Internet Explorer tetap dipertahankan tetapi secara default program untuk browser sudah berganti menggunakan Microsoft Edge. Sejauh ini, tampaknya browser yang satu ini sudah mendukung dengan beberapa fitur CSS terbarukan sehingga tampilan web yang dikunjungi dengan IE tidak akan kacau lagi.
  • Start Menu – Bagi para pengguna Windows 8 tentunya sangat kangen dengan tombol yang satu ini? Setelah banyak mendapat feedback Windows 8, kini pihak Microsoft sudah merealisasikan kembali keinginan para penggunanya. Start menu di Windows 10 kembali hadir dengan sistem gabungan gaya ala Windows 7 dan 8. Pada bagian kiri terdapat daftar program dan sebelah kanan merupakan daftar features dan utilities, sungguh terlihat begitu elegan dan menawan.
  • Windows 10 Bersifat Multi Platform – Dengan hadirnya Windows 10 ini akan memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Yakni jika kita mempunyai laptop dengan sistem operasi Windows 10 dan juga kita mempunyai smartphone yang di dalamnya tertanam Windows 10 versi smartphone, maka kedua device milik kita tersebut akan tersinkronisasi dengan baik.
  • Windows Explorer Baru – Dengan dirilisnya Windows 10 ini bersamaan dengan itu, maka windows explorer yang kelak akan kita nikmati jika kita menggunakan Windows 10 akan sangat berbeda dengan windows-windows sebelumnya. Pada Windows 10 ini kita akan di berikan fitur baru yakni adanya tombol share pada windows explorer tersebut. 
  • Command Prompt Baru – Berbeda dengan sistem operasi besutan Microsoft terdahulu, kini Command Promt atau biasa kita singkat dengan CMD, tampil dengan cukup keren dan sangat terlihat morern. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa jika anda suka bermain dengan Command Prompt atau CMD ini. 
  • Fitur Continuum – Fitur terbaru yang dibenamkan Microsoft yaitu Continuum, yang khusus dirancang untuk memaksimalkan penggunaan perangkat hibrida, semacam Lenovo Yoga atau Surface Pro, yang dapat berfungsi sebagai laptop atau tablet. 
  • Interface Snap – Dengan hadirnya Antarmuka (interface) Snap maka kita dapat memiliki empat aplikasi snap pada layar yang sama dengan tata letak kuadran (dibagi empat) yang baru. Windows akan menampilkan aplikasi dan program lainnya yang sedang berjalan untuk snapping tambahan dan juga membuat saran cerdas untuk mengisi ruang layar yang tersedia dengan aplikasi lain yang terbuka. Tampilan Baru Task View Jika anda mengkombinasikan antara tombol ALT+TAB maka dengan sistem operasi Windows 10 terbaru ini anda akan merasakan pengalaman yang baru. Pasalnya Task View pada Windows 10 ini sekarang terlihat lebih modern dan trendi.
  • Cortana Bisa – dikatakan bila Cortana adalah asisten digital canggih gabungan antara Google Now-nya Google dan Siri-nya Apple. Fitur Cortana akan membantu pengguna untuk melakukan berbagai hal yang akan meningkatkan produktivitas, Cortana di Windows 10 mampu menjawab pertanyaan lisan dari pengguna, mengeset alarm, memberikan pengingat, hingga melakukan update berita yang mungkin akan kalian lewatkan. Cortana juga mampu untuk mempelajari preferensi pengguna. 
  • Desktop khas Linux dan OS X –  Pada Microsoft Windows 8.1 sebelumnya, desktop Windows sama saja dengan sebuah aplikasi, dan itu pun tidak ada yang bisa dibilang spesial. Namun pada Windows 10 kali ini, Microsoft mengusung model desktop jenis virtual mirip milik OS X dan Linux. Fitur ini sangat berguna bagi Anda tidak memiliki banyak monitor. Anda bisa mengatur satu tampilan desktop di khususkan untuk sosial media, dan yang lain bisa untuk bekerja, atau hal lainnya. 
  • Dapat Memainkan Game dengan Optimal – Ternyata keberadaan Xbox App bukan yang hanya membuat membuat Windows 10 cocok untuk para pengguna game, sebab ada fitur lain yang sudah tertanam di dalam microsoft windows 10 yang tidak kalah menariknya dengan Xbox, yaitu teknologi grafis DirectX 12. Dengan fitur terbaru dari DirectX 12, game-game bisa dijalankan dijalankan dengan frame-rate yang lebih tinggi dari yang biasanya, termasuk efisiensi di penggunaan CPU untuk gaming. Dan akhirnya, pengalaman memainkan game di Windows 10 akan jauh lebih berkualitas dan semakin seru dari Windows 7 yang selama ini disukai para pecinta game.
Bagaimana tertarik untuk beralih ke Windows 10? Jangan ragu-ragu segeralah beralih ke sistem operasi Windows versi terbaru ini untuk bisa menikmati performa yang lebih baik pada komputer yang kita digunakan.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!