Yi Qi : Dinosaurus Bersayap Nenek Moyang Burung Masa Kini - Guntara.com

Thursday, 6 August 2015

Yi Qi : Dinosaurus Bersayap Nenek Moyang Burung Masa Kini

Film "Jurrasick World" terbaru memvisualisasikan dinosaurus dengan berat puluhan ton serta postur yang sangat tinggi dan besar. Dinosaurus merupakan hewan yang sudah punah ribuan tahun lalu. Dinosaurus bersayap pada masa lalu terbang bagaikan pesawat Jumbo jet Boeing 737.
Yi Qi : Dinosaurus Bersayap Nenek Moyang Burung www.guntara.com
Dinosaurus "Yi Qi" Nenek Moyang Burung (sumber gambar: geek.com)
Di daratan Tiongkok telah ditemukan fosil "Yi Qi" alias dinosaurus bersayap yang sudah berbentuk rangka. "Yi Qi" berarti "Sayap Aneh" dan diperkirakan sebagai nenek moyang burung pada masa kini. Para peneliti menyatakan temuan itu termasuk kelompok dinosaurus Scansoriopterygidae yang memiliki sayap mirip dengan kelelawar dan bajing terbang. Temuan tersebut dapat mengungkap pemahaman baru terkait teknik terbang saat berbagai burung modern mulai bermunculan. Spesies baru ini memiliki tulang panjang seperti kail pada pergelangan tangannya.

Ilmuwan dari Universitas Linyi, Profesor Zheng Xiaoting menyatakan spesies tersebut tidak pernah ditemukan pada dinosaurus lainnya karena mirip binatang terbang dan meluncur lainnya, termasuk kelelawar dan sejenisnya. Kemungkinan bisa terbang lantaran jaringan lembut mirip pancing dan jari-jari lainnya. "Yi Qi hidup di zaman Jurrasic, sehingga menjadi pelopor evolusi terbang sebelum munculnya burung," ujar Zheng Xiaoting.

Pada jurnal "Nature", para ilmuwan Tiongkok melaporkan dinosaurus bersayap ini ditemukan seorang petani di provinsi Hebei, Tingkok, dan para ilmuwan memastikan keasliannya. "Temuan ini dijuluki Yi Qi, karena tidak ada burung atau dinosaurus lain yang memiliki sayap sejenis," ujar Profesor Xu XIng dari Institute of Vertebrate Paleontology and Peleoanthropology (IVPP), Akademi Ilmu Pengetahun Tiongkok.

Hewan tersebut mengepak, meluncur atau, meloncat masih dalam dugaan, yang pasti memiliki sayap unik berdasr perubahan dinosaurus menjadi burung. Pasalnya, ada selaput sayap dan binatang lain yang memiliki struktur sayap mirip "Yi Qi" menggunakannya untuk terbang. (Sumber: "Jeda" dalam SKH "Kedaulatan Rakyat" dengan perubahan)

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!