Inilah Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Pertama Kali Mengakses Palawa UGM [Update] - Guntara.com

Sunday, 1 February 2015

Inilah Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Pertama Kali Mengakses Palawa UGM [Update]

Mulai 1 Februari 2015, Portal Akademik UGM bertransformasi menjadi Palawa UGM. Tampilan dari Palawa UGM cukup banyak mengalami perbedaan dan banyak fitur yang diperbarui daripada Portal Akademik UGM. Telah dijelaskan sebelumnya di web "Catatan Si iGun" dalam artikel "Wajah baru Portal Akademik Universitas Gadjah Mada" mengenai fitur-fitur yang diperbarui serta analisis maksud tujuan dari perubahan portal tersebut. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan mahasiswa UGM saat pertama kali mengakses Palawa UGM (mode baru Portal Akademik UGM).
Palawa UGM (dahulu Portal Akademik UGM)
Beberapa hal penting yang harus diperhatikan mahasiswa UGM saat pertama kali mengakses Palawa UGM sebagai berikut:
  1. Jangan panik! Santai saja, ini adalah sistem baru yang ditawarkan UGM melalui Palawa UGM. Sistem ini lebih baik dan fiturnya lebih komplit daripada sistem sebelumnya (Portal Akademik UGM). Cermati dahulu dengan seksama, baca satu persatu, akses halaman serta fiturnya satu persatu agar semakin jelas dan paham.
  2. Sistem Palawa UGM ini memiliki fitur Auto-Logout di mana mahasiswa yang login (masuk) akan di-logout (dikeluarkan) secara otomatis setiap 10 menit sekali. Jangan khawatir, kita tinggal login lagi saat di-logout oleh sistem. Hal ini bertujuan untuk menambah keamanan dalam sistem Palawa UGM terutama keamanan terhadap akun kita.
  3. Saat pertama kali masuk Palawa UGM biasanya beberapa informasi akademik seperti riwayat registrasi, hasil studi, rekap nilai, dan riwayat nilai serta informasi profil masih banyak yang kosong. Tidak masalah, beberapa menit kemudian informasi tersebut akan lengkap dengan sendirinya karena saat kita masuk pertama kali maka sistem baru memulai merekap (load) data dari sistem sebelumnya untuk ditampilkan pada sistem baru Palawa UGM.
  4. Hasil studi periode 2014 semester gasal (KHS terbaru) belum bisa ditampilkan karena kita belum mengisi EDoM (Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa). Untuk itu, kita harus mengisi EDoM tersebut. Konsekuensi jika kita tidak mengisi EDoM meliputi: Nilai tidak ditampilkan di laman hasil studi mahasiswa meskipun data nilai sudah dimasukkan ke dalam sistem; Rekap nilai tidak ditampilkan; dan Tidak dapat melakukan Isian Rencana Studi (IRS/KRS). Setalah kita mengisi EDoM pada semua mata kuliah yang diambil maka hasil studi baru bisa keluar.
    Hasil Studi Belum Bisa Ditampilkan Jika Belum Mengisi EDoM www.guntara.com
    Hasil Studi Belum Bisa Ditampilkan Jika Belum Mengisi EDoM
  5. Memulai mengisi EDoM. Buka menu Akademik > Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa > Dosen Pengampu Mata Kuliah lalu pilih satu persatu kelas mata kuliah yang diambil dan isi satu persatu evaluasi terhadap dosen pengampu mata kuliah tersebut sesuai dengan hati nurani Anda. Jangan takut, data bersifat rahasia, sistem hanya mencatat isian dan menandai Anda sudah mengisi tetapi tidak menyimpan relasi isian dengan profil Anda.
    Mengisi EDoM per Mata Kuliah yang Diambil www.guntara.com
    Mengisi EDoM per Mata Kuliah yang Diambil
  6. Sabar dalam mengakses setiap fitur Palawa UGM terutama dalam mengisi EDoM. Jangan gegabah, perubahan portal yang mendadak membuat ribuan mahasiswa UGM mengakses seketika dalam waktu yang bersamaan sehingga diperkirakan trafik pada server webnya akan penuh beban yang mengakibatkan proses berlangsung lebih lama (lemot). Terlebih ini masih periode penantian nilai hasil studi dan mendekati periode KRS. Usahakan koneksi internet yang kita gunakan cepat atau akseslah pada waktu-waktu sepi, misalnya tengah malam atau dini hari.
  7. Jangan risau saat kita sudah mengisi EDoM tetapi saat kita lihat di halaman Hasil Studi menunjukkan bahwa EDoM belum terisi. Tipsnya adalah dengan mengisi EDoM satu persatu, jangan langsung dibuka EDoM beberapa mata kuliah pada banyak tab. Buka EDoM mata kuliah pertama lalu diisi, kemudian cek di halaman Hasil Studi dan pastikan bahwa EDoM mata kuliah pertama tersebut sudah berhasil terisi (tidak ada tulisan "belum mengisi EDoM"). Setelah itu, tunggu beberapa saat sekitar dua menit sambil browsing atau sambil makan camilan baru kemudian mengisi EDoM mata kuliah kedua dan seterusnya sampai semua EDoM mata kuliah berhasil terisi.
Secara garis besar baru 7 poin di atas yang yang harus diperhatikan mahasiswa UGM saat pertama kali mengakses Palawa UGM. Silakan mencoba-coba sendiri untuk menikmati berbagai fitur barunya sambil menunggu munculnya nilai mata kuliah hasil studi semester gasal 2014. Apabila ada pertanyaan atau masukkan silakan berdiskusi di bawah ini. Terima kasih!

Ikuti survei online gratis berikut ini dan raih banyak uang, penasaran? klik di sini!

2 comments:

  1. Mau tanya nih mas igun, knp saya gk bisa masuk di palawa yaa? ID dan password masih sama dengan yang digunakan di portal akademik kan?
    Terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin koneksi Anda sedang tidak baik mas atau webnya sedang overload, tadi teman saya juga tidak bisa masuk tapi saat saya coba di laptop saya bisa masuk

      Delete

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!