Empat Komponen Utama dalam Model Builder - Guntara.com

Monday, 5 January 2015

Empat Komponen Utama dalam Model Builder

Model Builder terdiri dari empat komponen; elements, variables, connectors, and text labels. Penjelasan Model Builder dapat dibaca pada artikel Pengertian dan Keunggulan Model Builder pada ArcGIS. Elements adalah data dan tools yang digunakan, connectors adalah garis yang menyambungkan data dengan tools, text labels dapat diasosiasikan dengan keseluruhan model, setiap elements maupun connectors. Penjelasan ketiga komponen secara singkat sebagai berikut:
Komponen dalam Model Builder www.guntara.com
Komponen dalam Model Builder
  1. Elements
    Elements dalam Model Builder terbagi menjadi 2 jenis yaitu tools dan variables. Tool elements digambarkan dalam bentuk persegi, biasanya tool elements diambil dari ArcToolbox. Variables digambarkan dalam bentuk oval. Variables terbagi menjadi 2 tipe: data dan values.
  2. Data variables
    Data variables merupakan data yang tersimpan dalam disk atau layer yang tampak pada table of contents ArcMap. Values variables (nilai variabel) adalah angka, teks, referensi spasial dan geographic extents. Ada 2 tipe Values variables yaitu: input dan derived.
  3. Connectors
    Connectors model builder terdiri dari empat tipe: Data, Environment, Precondition, and Feedback. Connector arrows menunjukkan arah dari proses.
  4. Text labels 
    Text labels dalam model builder digunakan sebagai keterangan tambahan pada variable, tool, maupun connector model element. Text labels tidak termasuk sebagai bagian urutan proses. Text labels dapat diikatkan kepada element model dan dapat juga berdiri sendiri di dalam diagram model. 

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!