Pengertian dan Keunggulan Model Builder pada ArcGIS - Guntara.com

Monday, 5 January 2015

Pengertian dan Keunggulan Model Builder pada ArcGIS

Model Builder secara umum pada perangkat lunak ArcGIS bisa disebut sebagai sebuah aplikasi atau modul tambahan yang dapat memfasilitasikan cara untuk  mengotomasikan (batch) sejumlah urutan proses rutin mengenai pembuatan data spasial agar kemudian dapat diulangi secara presisi kapan saja dan oleh siapa saja tanpa kesalah yang berarti. 
Ilustrasi Model Builder pada ArcGIS www.guntara.com
Ilustrasi Model Builder pada ArcGIS
Aplikasi tambahan ini digunakan untuk menentukan proses-proses serta urutan kerja sejumlah tools dan sript terkait yang dimilikinya khususnya yang terdapat di dalam panel  ArcToolbox. Selain itu di dalam aplikasi tersebut setiap pengguna akan menyusun (menyisipkan atau drag and drop ) diagram-diagram model simbol atau objek data dan proses (tool) yang diperlukan untuk melakukan analisis spasial yang biasa disebut aliran kerja. Model Builder mempunyai beberapa komponen utama yang dapat disimak pada artikel Empat Komponen Utama dalam Model Builder.

Model Builder mempunyai beberapa keunggulan sebagai berikut:
  1. Memproses sebuah model secara sekaligus tidak satu persatu.
  2. Dapat membantu mengeksplorasi suatu tool yang digunakan dalam proses membuat model.
  3. Sangat mudah digunakan dengan menggunakan logika dan lain-lain.
  4. Keunggulan paling utama model builder adalah dapat memproses model yang sederhana sampai paling rumit.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!