Penjelasan dan Berbagai Fasilitas Network Analyst pada ArcGIS - Guntara.com

Monday, 5 January 2015

Penjelasan dan Berbagai Fasilitas Network Analyst pada ArcGIS

Network Analyst merupakan salah satu tool dalam perangkat lunak ArcGIS yang dapat digunakan untuk menganalisis suatu objek di permukaan bumi berdasarkan rangkaian jaringan yang berada di sekitarnya, bisa rangkaian jaringan transportasi, rangkaian jaringan listrik, dst. Network Analyst tergolong salah satu jenis pemodelan spasial yang digunakan untuk menjawab beberapa pertanyaan mengenai jarak, ketepatan waktu, dan cakupan area. 
Contoh Penerapan Network Analyst pada ArcGIS www.guntara.com
Contoh Penerapan Network Analyst pada ArcGIS
Analisis jaringan (Network Analyst) dimodelkan dengan basis transportasi dimana fitur jalan dan titik insiden yang menjadi point utama. Terdapat enam macam cara analisis dari Network Analyst yaitu rute (route), fasilitas terdekat (closest facilities), area pelayanan (service area), OD Cost Matrix, Vehicle Routing Problem, Location-Allocation. Beberapa deskripsi macam cara analisis jaringan sebagai berikut:
  1. Rute (route)
    Network Analyst dapat menemukan jalan terbaik dari satu lokasi ke lokasi lain atau jalan terbaik untuk mengunjungi beberapa lokasi. Lokasi-lokasi tersebut ditentukan secara interaktif dengan menempatkan titik-titik dalam layar,dengan memasukkan alamat atau dengan menggunakan titik-titik pada feature class atau feature layer. Rute terbaik dapat ditentukan berdasarkan susunan lokasi yang ditentukan oleh user. 
  2. Fasilitas Terdekat (closest facilities)
    Network Analyst dapat menemukan rumah sakit terdekat pada saat kecelakaan, mobil patrol polisi  terdekat  pada  saat  terjadi  kejahatan,  dan  toko  terdekat  dari  alamat seorang pelanggan adalah contoh-contoh persoalan fasilitas terdekat. Dalam menemukan fasilitas terdekat, closest facility dapat menampilkan rute terbaik dari/ke  fasilitas  tersebut,  mengetahui  biaya  perjalanan  pada  tiap  rute  dan menampilkan arah setiap fasilitas. Terlebih lagi, dapat pula menentukan batasan dimana  Network  Analyst  tidak  akan  memprosesnya.  Misalnya,  fasilitas terdekat untuk mencapai rumah sakit dalam waktu berkendara 15 menit dari tempat kecelakaan. Rumah sakit yang memakan waktu tempuh lebih dari 15 menit tidak akan dimasukkan dalam hasil analisis tersebut.
  3. Area Pelayanan (service area)
    Network Analyst dapat menemukan area layanan di sekitar lokasi dalam  sebuah jaringan. Area layanan adalah sebuah wilayah yang meliputi seluruh jalan yang dapat diakses, yaitu jalan yang terletak dalam nilai hambatan yang ditentukan. Misalnya, area layanan  10 menit bagi sebuah fasilitas meliputi semua jalan yang dapat dicapai dalam 10 menit dari fasilitas tersebut.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!