Martin Odegaard, Pecahkan Rekor Pemain Termuda yang Tampil di Kualifikasi Piala Eropa - Guntara.com

Tuesday, 14 October 2014

Martin Odegaard, Pecahkan Rekor Pemain Termuda yang Tampil di Kualifikasi Piala Eropa

Rekor pemain termuda yang pernah memperkuat tim nasional negara di kualifikasi Piala Eropa (Euro Cup) akhirnya pecah. Laga antara Norwegia melawan Bulgaria pada Kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup H di Stadion, Ullevaal, Oslo, Senin lalu (13/10/2013) selain membawa hasil manis untuk kemenangan tuan rumah 2-1 juga membawa rekor baru. Martin Odegaard (Norwegia) masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-63 dalam usia usia 15 tahun 300 hari.
Martin Odegaard (Norwegia / 15 tahun) (sumber: www.dailymail.co.uk)
Odegaard memecahkan rekor pemain termuda yang pernah tampil di kualifikasi Piala Eropa yang dipegang oleh oleh Sigurdur Jonsson dari Islandia yang bermain pada usia 16 tahun 251 pada kualifikasi Piala Eropa 1984 lalu. Jika Norwegia berhasil menembus putaran final Piala Dunia 2016, maka Odegaard berpeluang memecahkan rekor pemain termuda di pentas utama Euro yang saat ini dipegang oleh Jetro Willems, yang berusia 18 tahun 71 hari saat memperkuat Belanda menghadapi Denmark pada babak grup Piala Eropa 2012 lalu.

Odegaard menjadi buah bibir publik sepakbola Norwegia setelah menjalani debut bersama klub Stromsgodset melawan Aalesunds di Stadion Marienlyst, 13 April 2014. Usia Odegaard saat itu baru menginjak 15 tahun. Alhasil, Odegaard menjadi pemain termuda sepanjang sejarah yang tampil di kompetisi tertinggi Norwegia. Hingga saat ini, Odegaard sudah mencetak tiga gol dan lima assist dari 17 pertandingan Liga Norwegia. Odegaard pun menjadi pemain inti di Stromsgodset. (www.tribunnews.com).

Kehebatan Odegaard membuat pelatih tim nasional Norwegia, Per-Matthias Hogmo, memanggilnya untuk laga persahabatan melawan Uni Emirat Arab, 19 Agustus 2014. Odegaard pun bermain dan mencatat sebagai pemain termuda yang pernah membela timnas Norwegia, yakni berusia 15 tahun 253 hari. (www.tribunnews.com).

Bukan tidak mungkin remaja 15 tahun itu akan menjadi bintang masa depan timnas Norwegia maupun bintang sepakbola dunia pada masanya. Mengingat usianya yang masih belia tetapi kemampuannya sudah diuji di tingkat senior. Beberapa klub dikabarkan pernah meminangnya pada jendela transfer lalu seperti Liverpool dan Manchester United. Setelah aksinya bersama Norwegia melawan Bulgaria kemarin, tiga klub besar Eropa berhasrat memilikinya, yaitu Bayern Munchen, Real Madrid, dan Barcelona. 

Spekulasi yang terlalu dini apabila menyebut Odegaard akan berjaya menjadi pemain bintang sepakbola dunia pada masa depan. Namun tidak ada salahnya kita terus memantau aksinya dan melihat perkembangannya seiring berjalannya waktu dan masa. Berikut video aksi Martin Odegaard bersama klubnya yang dilansir dari situs www.youtube.com, selamat menikmati!

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!