Peta Interaktif dengan StatPlanet

14:07:00
Peta Interaktif adalah penyajian peta dengan media web yang mudah digunakan untuk memperoleh informasi spasial. Pengguna dapat memperoleh informasi spasial tentang data yang disajikan dengan mudah melalui internet cukup menggunakan browser yang tersedia.
StatPlanet (vizworld.com)
Informasi Geografis yang ada di situs ini bersifat indikatif (umum) serta akan terus disempurnakan dan dilengkapi sesuai dengan perkembangan terakhir untuk meningkatkan keakurasian, ketepatan waktu dan kelengkapan data. Batas-batas yang disajikan tidak berkekuatan hukum, untuk tujuan dimaksud harus menggunakan data (peta) yang disahkan oleh pejabat yang berwenang sesuai ketentuan yang berlaku (Surat Keputusan).

StatPlanet adalah alat untuk menvisualisasikan data secara interaktif dan juga sebagai alat bantu untuk pemetaan. StatPlanet dibuat oleh StatSilk, sebuah perusahaan Australia, aplikasi ini dirancang agar dapat digunakan dimanapun, baik online maupun offline, artinya jika pengguna tidak terkoneksi internet, aplikasi ini tetap bisa dijalankan. StatPlanet telah dikonseptualisasikan dan dikembangkan oleh Frank van Cappelle sejak tahun 2005. Dari 2008 sampai 2010, pengembangan versi disesuaikan dari StatPlanet dilakukan sebagai bagian dari program penelitian SACMEQ di UNESCO Institut Internasional untuk Perencanaan Pendidikan (IIEP).

StatPlanet merupakan salah satu tool GIS (Geografic Information System) yang identik dengan peta wilayah. Sama seperti pada tool GIS lainnya, aplikasi ini juga membutuhkan file peta yang mendukung, yaitu dengan format shp, shx dan dbf. Peta tidak bisa ditampilkan tanpa file dengan ketiga format tersebut.

StatPlanet digunakan oleh bermacam-macam organisasi yang termasuk dalam agen dari PBB, sekitar 500 perusahaan, pemerintahan, NGO, sekolahan dan universitas sebagai media penyampaian data dan untuk explore data. StatPlanet tidak hanya digunakan untuk orang dewasa, digunakan juga oleh anak-anak (umur < 9) untuk mempelajari dunia secara interaktif. Salah satu website di Indonesia yang sudah menggunakan statplanet untuk menampilkan data adalah BPS Provinsi Gorontalo.

Salah satu keunggulan dari StatPlanet adalah dapat digunakan oleh pengguna non-technical untuk ekplore data statistik dengan interface yang user-friendly. Lebih jauh lagi, software ini secara otomatis memproses data  yang komplek di-convert kedalam peta yang interaktif secara visual. Kemampuan pengguna non-technical untuk membuat peta yang interactif maps relatif mudah. Pengguna dapat import data ke StatPlanet, serta peta (baik Peta Flash dan ESRI dengan format shapefile) – atau pengguna dapat menggunakan peta dunia atau Amerika yang disediakan oleh Statplanet.

StatPlanet disediakan dalam beberapa versi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Semua versi StatPlanet free kecuali untuk StatPlanet Plus, yang memiliki fitur yang lebih canggih seperti dukungan untuk dataset besar. Semua versi StatPlanet dapat digunakan baik sebagai aplikasi yang berdiri sendiri untuk penggunaan offline, dan sebagai aplikasi berbasis web yang dapat dipublikasikan secara online. Versi offline StatPlanet Plus adalah gratis untuk tujuan non-komersial. Tujuan StatPlanet adalah untuk mempromosikan keputusan berbasis bukti pembuatan dengan meningkatkan dan memfasilitasi komunikasi dan interpretasi informasi. StatPlanet dapat digunakan untuk (i) visualisasi interaktif yang menarik yang memfasilitasi interpretasi informasi, (ii) antarmuka user friendly yang dapat diakses juga untuk pengguna non-teknis, (iii) data otomatis visualisasi (termasuk proses penggabungan dan sinkronisasi data dari sumber yang berbeda), dan (iv) mudah untuk menyebarluaskan sistem perangkat lunak yang dapat memungkinkan orang untuk mengeksplorasi dan menciptakan visualisasi data - terlepas dari keterampilan teknis, ketersediaan konektivitas internet, dan perangkat keras komputer atau perangkat lunak.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon