Pengertian Singkat tentang Peta Skematik - Guntara.com

Thursday, 10 July 2014

Pengertian Singkat tentang Peta Skematik

Peta skematik mempunyai pengertian sebagai representasi dari unsur-unsur sistem yang menggunakan abstrak dan simbol grafis dari gambar realistis. Fungsi simbol  tersebut pada peta adalah untuk mengganti atau mewakili objek yang digambarkan pada peta.  Dalam penggambaran peta, penempatan simbol ini diusahakan benar lokasinya. Simbol peta yang baik adalah yang mudah dikenal dan mudah digambar. 
Peta Skematik Bali (wordpress.com)
Simbol tidaklah mudah untuk didesain, hal ini berkaitan dengan kepentingan antara si pembuat dengan si pengguna peta. Pembuat peta akan berusaha membuat simbol yang sederhana, mudah digambar tapi cukup teliti untuk mencerminkan data, sedangkan bagi si pengguna peta simbol itu harus jelas, mudah dibaca dan diinterpretasi baik arti maupun nilainya, selain itu simbol harus kontras antara yang satu dengan yang lainnya dan menarik. Dalam memenuhi dua kepentingan yang berbeda tersebut maka pembuat peta berpedoman pada ukuran data dan kesan simbol yang tercermin pada peta.

Peta Skematik biasanya menghilangkan semua rincian yang tidak relevan dengan informasi skema yang disampaikan dan dapat menambahkan elemen realistis dengan bantuan pemahaman. Misalnya, peta kera bawah tanah yang ditujukan untuk pengendara mungkin merupakan stasiun kereta bawah tanah dengan sebuah titik (dot) yang tidak emnyerupai stasiun yang sebenarnya. Namun memberikan informasi tampilan tanpa tambahan visual yang tidak perlu.

Sebuah diagram skematik dari proses kimia menggunakan simbol untuk mewakili kapal, pipa, pompa, dan peralatan lain dari sistem. Diagram tersebut menekankan pada jalur interkoneksi dan menekankan detail fisik. Misalnya, sebuah diagram sirkuit elektronik memiliki tata letak simbol yang tidak menyerupai aslinya. Unsur-unsur simbolis disusun untuk lebih mudah diinterpretasi oleh pengguna pada peta skematik.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!