Mappetizer: Aplikasi Ekstensi WebGIS pada ArcGIS - Guntara.com

Thursday, 10 July 2014

Mappetizer: Aplikasi Ekstensi WebGIS pada ArcGIS

Mappetizer adalah extension untuk ArcGIS yang sebelumnya bernama Mapview SVG. Mappetizer biasanya digunakan untuk proyek berskala  kecil sampai menengah, dan sifat proyek tidak harus selalu di-update.  Mappetizer biasa digunakan pada proyek web map dan mudah digunakan.  Hasil ekspor adalah sebuah folder dengan beberapa format seperti:  XML,  SVG, Javascript dan file HTML, yang dapat disimpan dimana saja.  Kelebihan mappetizer yaitu:
Mappetizer (uismedia.de)
1.    Pencarian fitur dengan membangun sebuah ekspresi query.
2.    Membuat laporan berupa informasi objek dan atribut tabel dari ArcView.
3.    Membaca dan menampilkan kordinat peta.

Mappetizer merupakan sebuah aplikasi untuk mengeksport data-data spasial dan non spasial yang sudah dibuat di aplikasi ArcGIS agar dapat dibaca di dalam web browser. File pada Mappetizer bisa disimpan di mana saja, tidak harus menggunakan file khusus untuk menyimpannya

Mappetizer untuk ArcGIS adalah program untuk mengekspor data GIS dan peta ke dalam aplikasi SVG. Pengguna kemudian dapat menggunakan aplikasi ini pada komputer lokal Anda, mempublikasikannya di Web (Web Mapping) atau membakarnya pada CD-ROM atau DVD dan melihatnya dalam web browser. Peta hasil Mappetizer dapat didistribusikan secara bebas tanpa ada royalti. Hal tersebut menghemat uang dan memungkinkan pengguna untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Untuk menampilkan hasil, pengguna tidak memerlukan perangkat lunak tambahan pada server web. Hasil ekspor hanyalah sebuah folder dengan beberapa XML, SVG, Javascript dan file HTML, yang dapat disimpan di mana saja.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!