Diagram Lingkaran (Pie Graph, Ring Graph, Adjection Graph, Spoke Graph dan Diagram Melingkar)

17:40:00
Diagram lingkaran adalah penyajian data statistik dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagian bagian atau persen dari keseluruhan. Untuk membuat diagram lingkaran, terlebih dahulu ditentukan besarnya persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.
Diagram Lingkaran (deadlocks.site90.net)
Diagram ini berbentuk lingkaran, dengan tujuan untuk membandingkan jumlah. Bentuk grafik berupa lingkaran (360°) yang dibagi dalam bagian yang dibuat seimbang dengan harga dan biasanya disajikan dalam % (persen) atau berupa pembagian berdasarkan derajat. Perbandingan luas pada setiap bagian pada lingkaran sesuai dengan kuantitas nilai data. Diagram lingkaran bentuk lain, yaitu diagram setengah lingkaran dan diagram lingkaran gabungan. Diagram lingkaran tersebut dapat digunakan untuk membandingkan nilai atau jumlah pada dua kurun waktu yang berbeda.

Diagram lingkaran pada dasarnya mempunyai sifat sama dengan diagram garis dan batang. Perbedaan pada diagram lingkaran perhitungannya sangat mengandung perhitungan matematis, tetapi penggambarannya tidak terlalu sulit. Diagram ini dapat digunakan pada variabel yang banyak dan bervariasi, selain itu juga memiliki keuntungan pada tampilan yang dapat dibuat menarik. Dari semua diagram, diagram ini paling sering digunakan untuk menggambarkan data statistik. Beberapa bentuk atau macam diagram lingkaran yang ada antara lain sebagai berikut:

1.    Pie Graph
http://media-kreatif.com/images/image/2013-02-09-08-15-53_cart.jpg
sumber gambar: media-kreatif.com
Pie graph merupakan bentuk grafik atau diagram yang berwujud lingkaran (360º) yang digunakan untuk membandingkan kuantitas dari data dalam satu periode. Dalam hal ini, nilai dari data tersebut dibuat seimbang dan disajikan dalam bentuk prosentase atau berupa pembagian berdasarkan derajat. Perbandingan setiap segmen dalam pie graph sesuai dengan perbandingan jumlah setiap individu data. Panjang jari-jari lingkaran sebanding dengan akar kuadrat dari jumlah data (kuantum), yaitu : R =  . Apabila ternyata nilai r terlalu besar dan tidak sesuai dengan layout yang telah direncanakan, maka dapat dipakai harga r hasil orientasi (harga perbandingan).

2.    Ring Graph
http://lifestats.files.wordpress.com/2008/10/081019spendingdist1.png
sumber gambar: wordpress.com
Ring graph adalah diagram dua dimesional dalam bentuk lingkaran penuh (360º) yang biasanya digunakan untuk membandingkan unsur-unsur di dalam suatu periode dengan data periode lainnya. Jadi ring graph dapat digunakan untuk membandingkan data dalam suatu periode dan unsur data dalam periode lainnya. Adapun jari-jari lingkaran untuk ring graph merupakan akar kuantum dari masing-masing periode data, sedangkan besarnya segmen data adalah perbandingan antar unsur data dalam satu periode.

3.    Adjection Graph
http://vaadin.com/download/book-of-vaadin/review/review-2013-02/img/charts/charts-donut.png
sumber gambar: vaadin.com
Secara umum dapat dikatakan sebagai “pie graph majemuk” yaitu pie graph yang terdiri dari dua atau lebih pie graph sebagai upaya untuk membandingkan keadaan unsur-unsur yang sama dari suatu daerah berdasarkan atas perbedaan waktu. Apabila yang diperbandingkan dua buah pie graph (dua periode waktu), maka data yang tercermin dari masing-masing pie graph asal dikonversikan terlebih dahulu nilainya menjadi prorporsional atas daerah setengah lingkaran (180º). Sedangkan jari-jari dari setiap pie graph yang digabungkan tersebut tetap sesuai dengan jari-jari dari masing-masing pie graph semula.

4.    Spoke Graph
http://img683.imageshack.us/img683/2971/spoketensiongraphheds90.jpg
sumber gambar: imagehack.us
Spoke graph merupakan suatu diagram lingkaran yang digunakan untuk menunjukkan hubungan antara curah hujan dengan temperatur. Garis koordinat yang radikal tidak mewakili jumlah variabel yang nilainya diperhitungkan dari pusat lingkaran yang paling dalam (sebagai lingkaran pengacu) ke arah lingkaran sentrifugal. Sedangkan jari-jari untuk lingkaran sentrifugalnya adalah : r1 : r2 : r3 .... m = r1  : r2  : r3 ...... m
   
5.    Diagram Melingkar
http://whatype.files.wordpress.com/2008/10/oil_26.jpg
sumber gambar: wordpress.com
Diagram ini juga sama dengan spoke graph yaitu untuk menggambarkan hubungan antara curah hujan dan temperatur. Perbedaan diantara keduanya adalah pada cara penggambaran data hujan, untuk diagram melingkar data curah hujan digambarkan dengan batang dan untuk spoke graph digambarkan dengan garis.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon