Diagram Garis dan Batang

17:30:00
Klasifikasi untuk menampilkan data statistik ada tiga, yaitu diagram statistik, diagram lingkaran, dan peta statistik. Pada acara ini akan dipelajari diagram statistik, terutama untuk diagram garis dan batang serta diagram superimposed pyramid. Diagram garis dan batang dapat dikelompokkan menjadi beberapa sub-bagian antara lain:
http://arighoost.files.wordpress.com/2010/07/diagram-batang.jpg
sumber gambar: http://arighoost.wordpress.com
1.    Diagram Garis
Diagram garis sederhana
http://blog.ub.ac.id/ahmadtejo2010/files/2012/03/grafik-garis.jpg
sumber gambar: blog.ub.ac.id
Diagram garis sederhana ini menunjukkan perkembangan kuantitas suatu unsur yang ditunjukkan dalam suatu garis. Skala horisontal biasanya digunakan untuk menggambarkan variabel bebas, misalnya waktu (bulan, tahun). Sedangkan sumbu tegak biasanya mengambarkan jumlah atau nilai.

Diagram garis campuran
http://totopribadi.files.wordpress.com/2009/09/grafik2.jpeg
sumber gambar: wordpress.com
Pada diagram ini digambarkan kuantitas dari beberapa unsur dimana tiap unsur tersebut digambarkan dengan garis berlainan, sehingga diagram ini sering disebut multiple line graphs, diagram ini khususnya digunakan untuk perbandingan.

Diagram garis gabungan
http://1.bp.blogspot.com/-KkiW_wBceK0/UFW5mP8SLxI/AAAAAAAAARc/_aIyBIFGnsw/s1600/e7.jpg
sumber gambar: blogspot.com
Bentuk diagram ini dinyatakan dengan campuran beberapa garis yang sama, tetapi tidak saling berpotongan. Biasanya digunakan untuk menunjukkan masing-masing beras, jagung, dan ketela pada jumlah seluruh bahan makanan pokok.

2.    Diagram Batang
Diagram batang sederhana
http://2.bp.blogspot.com/---6zlZfL4DY/UG1H7ELG6yI/AAAAAAAAADY/veuU5b6cALA/s1600/g5.jpg
sumber gambar: blogspot.com
Sumbu horisontal merupakan variabel bebas, teristimewa bila data tersebut erat hubungannya dengan elemen waktu. Batang tegak lurus harus dimaulai dari nol. Untuk tujuan perbandingan harus digambar dengan skala yang sama. Diagram batang sederhana ini untuk menggambarkan satu macam data. Grafik ini memperlihatkan kuantitas suatu unsur yang biasanya dihubungkan dengan waktu, daerah lainnya. Tingkat dari kuantitasnya tergantung tinggi rendahnya batang yang digambarkan digambarkan (hal yang tidak bebas). Dalam grafik ini tiap unsur yang digambarkan akan diwakili sebuah batang. Panjang dari batang merupakan bagian yang penting, bukan lebar atau tebal batangnya.

Diagram batang campuran
http://amalialissa.files.wordpress.com/2013/04/diagram-piktogram.jpg
sumber gambar: http://amalialissawordpress.com/
Grafik ini memberikan pernyataan dari satu atau bermacam unsur, dan grafik ini umumnya dihubungkan dengan waktu, serta banyaknya bar yang digambarkan dihubungkan dengan banyaknya unsur. Batang-batang tersebut diletakkan berdampingan dengan batang diperuntukkan bagi satu jenis data. Untuk memberikan penekanan pada jumlah, batang diagram digambar bersentuhan tanpa ada selanya. Group antara kumpulan yang satu dengan yang lain diberi ruang karena elemen waktu merupakan hal yang penting. Diagram batang majemuk ini digambar vertikal. Dibanding grafik lurus maupun lengkung, diagram batang majemuk ini menunjukkan kesan jumlah lebih menonjol daripada naik turunnya satu data. Pada diagram batang ini jika diberi warna maka warna cerah atau mencolok diperuntukkan untuk batang yang pendek atau kecil.

Diagram batang gabungan
http://www.presentasi.net/wp-content/uploads/grafikbertumpukstacked.jpg
sumber gambar: presentasi.net
Seperti halnya dengan compound line graphs, maka pada setiap batang diagram batang gabungan dibagi atas bagian-bagian yang menunjukkan nilai atau jumlah data total secara beraturan, sehingga panjang batang adalah merupakan gambaran dari jumlah total dari suatu individu data pada periode yang sama. Diagram ini lebih jelas di dalam menunjukkan jumlah total apabila dibandingkan dnegan diagram garis gabungan, namun demikian nilai-nilai setiap komponen masih sulit diperkirakan.

3.    Superimposed Pyramid
https://dfat.gov.au/aii/publications/_lib/img/08/Age-graphs-Aust.gif
sumber gambar: dfat.gov.au
Diagram ini menggambarkan umur dan jenis kelamin dengan piramida. Tipe ini banyak digunakan di dalam studi demografi. Piramida penduduk adalah suatu model dari diagram pias yang biasanya diberikan untuk memberikan gambaran data penduduk. Pada dasarnya suatu panjang dari batang itu menggambarkan jumlah atau kelompok umur tertentu. Pengelompokkan umur bebas tetapi biasanya periode 5 tahun. Kelompok umur termuda diletakkan sebagai dasar, sedang jenis kelamin digambarkan pada kanan kirinya. Dengan menggunakan warna atau arsiran maka suatu piramida penduduk dapat dipergunakan untuk menunjukkan suatu angka.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon