Pengertian Umum Evaluasi Sumberdaya Lahan

18:42:00
Evaluasi Sumberdaya Lahan merupakan suatu proses untuk menduga potensi suatu sumber daya lahan untuk berbagai penggunaanya. Evaluasi lahan meliputi interpretasi data fisik kimia tanah, potensi penggunaan lahan sekarang dan sebelumnya (Jones et al., 1990), yang bertujuan untuk memecahkan masalah jangka panjang terhadap penurunan kualitas lahan yang disebabkan oleh pengunaannya saat ini, memperhitungkan dampak penggunaan lahan, merumuskan alternatif penggunaan lahan dan mendapatkan cara pengelolaan yang lebih baik (Sys, 1985; Rossiter, 1994).
http://2.bp.blogspot.com/-xGFSJ0K9L3o/ToUQ_HYSgnI/AAAAAAAAAN0/5G5RYc2_B1w/s1600/pengertian-evaluasi-lahan.jpg
sumber gambar: pengertian-definisi.blogspot.com
Sumberdaya lahan mencakup semua karakteristik dan proses – proses serta fenomena – fenomena lahan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Salah satu tipe penggunaan lahan yang penting ialah penggunaan sumberdaya lahan dalam tipe – tipe  pemanfaatan lahan (land utilization type) pertanian untuk mendapatkan hasil - hasil pertanian dan ternak (Hardjowigeno, 1985). Evaluasi lahan adalah suatu proses penilaian sumber daya lahan untuk tujuan tertentu dengan menggunakan suatu pendekatan atau cara yang sudah teruji. Hasil evaluasi lahan akan memberikan informasi dan/atau arahan penggunaan lahan sesuai dengan keperluan.

Beberapa sistem evaluasi lahan (Klingebiel and Montgomery, 1976; Chan et al., 1975) menyarankan klasifikasi berdasarkan jumlah dan tingkat keragaman dan faktor penghambat produksi. The FAO Framework for Land Evaluation tidak dimaksudkan untuk mengevaluasi lahan secara parametrik (Purnell, 1977). Hal ini disebabkan oleh kesulitan untuk mendapatkan kesepakatan terhadap kriteria yang akan digunakan dalam evaluasi, tetapi bukan berarti FAO Framework tidak dapat digunakan untuk pendekatan parametriks hanya perlu pengembangan pada parameter yang akan digunakan.

Evaluasi sumberdaya lahan pada hakekatnya merupakan suatu proses untuk menduga potensi suatu sumberdaya lahan untuk berbagai penggunaannya. Adapun kerangka dasar dari evaluasi sumberdaya lahan berisi informasi mengenai aspek sumberdaya yang  berguna sebagai bahan untuk mengkaji kecocokan peruntukan lahan. Informasi proses sumberdaya lahan berisi informasi mengenai berbagai aspek sumberdaya yang berguna sebagai bahan untuk mengkaji kecocokan peruntukan lahan. Informasi tersebut umumnya tersaji dalam bentuk peta satuan lahan. Peta satuan lahan tersusun dari kombinasi peta bentuklahan, peta penggunaan lahan, dan peta kemiringan lereng. Peta bentuklahan dan peta penggunaan lahan diperoleh dari interpretasi foto udara, sedangkan peta kemiringan lereng diperoleh dari perhitungan kontur pada peta topografi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon