Statement Percabangan IF dan CASE dalam Visual Basic

13:57:00
Percabangan adalah suatu permasalahan yang sering ditemui dalam pembuatan program. Percabangan adalah suatu pemilihan statement atau perintah-perintah yang akan dijalankan dan didasarkan atas kondisi tertentu. Statement atau perintah tertentu akan dijalankan apabila memenuhi ketentuan yang telah didefinisikan sebelumnya.
Percabangan IF dan CASE
Statement percabangan dalam dunia pemrograman merupakan salah ilmu dasar pemrograman yang wajib dimiliki oleh setiap programmer. Logika dari statement percabangan adalah layaknya ketika mencari sebuah jalan dari beberapa jalan.

Kondisi If ..Then ..Else adalah pengembangan dari struktur percabangan if. Struktur ini bisa menentukan pernyataan (statement) lain yang akan dieksekusi jika kondisi pertama tidak memenuhi syarat. Bentuk umum dari struktur ini dalah sebagai berikut :
If (kondisi)  Then
Pernyataan 1;
Pernyataan 2;
………..
Pernyataan N ;
else
Pernyataan 1;
Pernyataan 2;
………..
Pernyataan N ;
End if
Struktur percabangan Select..Case adalah bentuk yang sederhana pada percabangan. Statement ini bisa digunakan pada dua kondisi ataupun banyak kondisi. Aturan penulisan pada struktur ini adalah :
Select Case [Kondisi ……..]
Case :
Statement …
Case :
Statement …
Case :
Statement …
Case Else :
Statement …
End Select

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon