Perulangan For, Next, Do, Until, While, dan Each pada Visual Basic

14:03:00
Struktur For digunakan untuk mengulangi suatu perintah dalam jumlah yang ditentukan. Struktur ini bisa menentukan hingga berapa kali loop akan berulang, penentuan banyaknya perulangan yang dilakukan biasanya telah ditentukan sejak awal. Selain banyaknya yang dilakukan biasanya juga step atau langkah pengulangan (bertambah atau berkurang) juga telah ditetapkan Struktur ini biasanya juga digunakan variabel bertipe integer untuk dijadikan kondisi perulangan. 
Struktur Perulangan dalam Visual Basic

Struktur kode:
For {penghitung} = {awal} to {akhir}
{pernyataan}
Next {penghitung}
Atau struktur kode dengan pertambahan:
For {penghitung} = {awal} To {akhir} Step {pertambahan}
{pernyataan}
Next {penghitung}
Cara baca: “Lakukan perhitungan {pernyataan} mulai dari nilai {awal} sampai dengan {akhir} dengan pertambahan ke {penghitung} sebesar {pertambahan}”.
 
Penjelasan yaitu variabel {penghitung} adalah variabel bertipe integer yang nilainya berubah-ubah sesuai jumlah perulangan yang terpenuhi. {awal} adalah nilai awal dari variabel {penghitung} yang akan diproses pertamakali dalam perulangan. {akhir} adalah nilai akhir dari variabel {penghitung} yang akan mengakhiri proses perulangan. {pertambahan} adalah nilai pertambahan yang akan ditambahkan ke variabel {penghitung} untuk proses perulangan selanjutnya (berlaku jika ditambahkan kode Step). Jika tidak memakai pertambahan Step maka secara default nilai pertambahannya adalah 1. Untuk perulangan bernilai positif (menaik) maka nilai {awal} harus lebih kecil atau sama dengan nilai {akhir}. Sedangkan untuk perulangan bernilai negatif (menurun) maka nilai {awal} harus lebih besar atau sama dengan nilai {akhir}.
 
Perulangan Do While – Loop adalah perulangan yang akan dijalankan jika kondisi bernilai TRUE (memenuhi syarat) dan akan berhenti pada saat kondisi bernilai FALSE (tidak memenuhi syarat). 
Struktur kode 1:
Do While {kondisi}
    {pernyataan}
Loop
Struktur kode 2:
Do
    {pernyataan}
Loop While {kondisi}
Cara baca: “Lakukan perulangan {pernyataan} jika {kondisi} bernilai True”.
 
Perbedaan pada struktur kode 1 dan struktur kode 2 hanya pada saat pertama kali perulangan dijalankan.  Pada struktur kode 1, kondisi akan diperiksa terlebih dahulu. Jika kondisi bernilai True maka perulangan dari pernyataan akan diproses.  Sedangkan pada struktur kode 2, pernyataan perulangan akan dijalankan terlebih dahulu kemudian baru melakukan pemeriksaan kondisi. Dengan begitu maka akan menghasilkan perulangan minimal 1 kali.
 
Kebalikan dari Perulangan Do While – Loop  adalah Do Until – Loop yaitu perulangan yang akan dijalankan jika kondisi bernilai FALSE (tidak memenuhi syarat) dan akan berhenti pada saat kondisi bernilai TRUE (memenuhi syarat). 
Struktur kode 1:
Do Until {kondisi}
    {pernyataan}
Loop
Struktur kode 2:
Do
    {pernyataan}
Loop Until {kondisi}
Cara baca: “Lakukan perulangan {pernyataan} jika {kondisi} bernilai False”  atau “Lakukan perulangan {pernyataan} sampai/hingga {kondisi} bernilai benar sehingga perulangan berhenti”.
 
Perbedaan pada struktur kode 1 dan struktur kode 2 hanya pada saat pertama kali perulangan dijalankan.  Pada struktur kode 1, kondisi akan diperiksa terlebih dahulu. Jika kondisi bernilai False maka perulangan dari pernyataan akan diproses. Sedangkan pada struktur kode 2, pernyataan perulangan akan dijalankan terlebih dahulu kemudian baru melakukan pemeriksaan kondisi. Dengan begitu maka akan menghasilkan perulangan minimal 1 kali. 

Struktur perulangan For Each... Next hampir sama dengan struktur perulangan For... Next, perbedaannya pada perulangan For Each... Next variabel yang digunakan untuk perulangan adalah Array. 
Struktur kode :
For Each {element} In {group}
    {pernyataan} 
Next
Array adalah kumpulan data bertipe sama yang menggunakan nama sama. Dengan menggunakan array, sejumlah variabel dapat memakai nama yang sama. Antara satu variabel dengan variabel lain di dalam array dibedakan berdasarkan subscript. Sebuah subscript berupa bilangan di dalam kurung siku.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon