Ruang Lingkup dalam Variabel Visual Basic

13:51:00
Ruang lingkup pada siklus hidup variabel suatu program menunjukkan jangkauan dimana suatu variabel dapat dikenali pada suatu lingkup program, dan berhubungan dengan waktu hidup variabel ini. Suatu variabel dapat dikenali pada seluruh lingkup program atau dapat pula hanya dikenali pada prosedur atau fungsi dimana variabel itu dideklarasikan.
Ruang Lingkup Laptop (wordpress.com)
Ruang lingkup paling dalam adalah ruang lingkup ‘Procedure’. Jika mendeklarasikan secara eksplisit suatu variabel di dalam suatu procedure dengan perintah DIM, PRIVATE, atau STATIC, maka variabel yang dideklarasikan mempunyai ruang lingkup procedure, artinya hanya dikenali dan dapat dipakai pada yang bersangkutan. Jika terdapat procedure lain atau terdapat variabel lain dengan nama yang sama di level atas (form atau modul) maka akan dikalahkan serta tidak akan saling mengganggu
Perbedaan DIM dan STATIC, adalah waktu hidupnya. Dim hanya hidup/berlaku selama procedure bersangkutan dijalankan, sementara Static selama aplikasi masih dijalankan maka nilai terakhir dari Static masih tersimpan. Perbedaan Public dan Private, adalah lingkupnya. Public akan dikenali pada seluruh program aplikasi sedangkan Private hanya dalam procedure yang bersangkutan.

Prosedur dan fungsi pada siklus hidup variabel suatu program adalah sekelompok kode yang lazim disebut dengan rutin, membantu pemrogram dalam menghemat penulisan kode, dan merupakan blok program yang memiliki proses dan manfaat tertentu. Prosedur bisa berupa sekelompok kode perhitungan atau pengolahan teks atau operasi database tertentu, atau kelompok lainnya. Sub Procedure; Blok kode yang dijalankan sebagai tanggapan atas terbentuknya kejadian (event). Pengelompokkan berdasarkan event menjadikan program lebih mudah dibaca dan dianalisa. Fungsi (Function Procedure); biasanya sudah ada, sehingga tidak perlu menuliskan kode cukup memanggil fungsi yang sesuai. Contoh: sqr, cos, dll.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon