Unduh Data GNSS Receiver (Sistem GPS)

09:22:00
GPS bisa menghasilkan data spasial berupa titik, garis dan poligon. Data-data menyangkut lokasi seperti lokasi infrastruktur seperti jembatan, gardu listrik, lokasi pusat pemerintahan mulai dari desa sampai ke provinsi, lokasi pusat pelayanan seperti puskesmas.  Pada survei untuk fitur garis dilakukan pada survei jalan, sungai atau juga perencanaan untuk saluran air dan batas wilayah dengan menggunakan GPS. Sementara data poligon atau area dapat dilakukan pada survei untuk landuse, survei untuk perencanaan wilayah lindung dan banyak lagi.
Data Hasil Plot GPS (http://www.data.scec.org)
Kemudahan teknologi menjadi faktor penunjang lainnya sehingga penggunaan GPS menjadi pilihan yang paling mudah dalam mengambil data GPS. Saat ini GPS terkoneksi dengan software GIS sehingga bisa mempermudah pengolahan data dari GPS untuk langsung menjadi data digital peta dalam software GIS. Setelah data GPS dikonversi dalam peta digital, langkah selanjutnya adalah menambahkan database sebanyak mungkin yang dilakukan dengan menggunakan survei.
  
Integrasi data GPS pada penggunaan software ArcGIS bisa dilakukan dengan meng-install DNR Garmin tools. Software ini dapat diunduh secara gratis dan menggunakan ArcGIS akan langsung diintegrasikan dalam menu.
    
Data yang tersimpan dalam perangkat GNSS receiver merupakan data digital yang memiliki format data sesuai dengan merk perangkat GPS yang digunakan, msalnya garmin menggunakan format data *.gdb, *.mpi, dan *.mps. Perangkat keras dan perangkat lunak komputer digunakan untuk mengunduh data tersebut. Konektor merupakan penghubung antara GPS ke komputer. Konektor tersebut dapat berupa kabel konduktor (USB, dst) ataupun tanpa kabel (wireless) dimana fasilitas tersebut harus dimiliki pada kedua perangkat berupa infrared, bluetooth, atau wifi. Data-data yang dapat dikirim oleh GPS ke komputer meliputi data track, waypoint, maupun rute.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon