Pengertian Layanan Track dalam Sistem GPS - Guntara.com

Wednesday 25 December 2013

Pengertian Layanan Track dalam Sistem GPS

Track atau tracklog ialah jejak-jejak perjalanan uang terekam oleh GPS di dalam memorinya. Track berbentuk kumpulan titik-titik dalam bentuk garis yang saling terhubung satu sama lain. Garis yang dibuat track akan mengikuti GPS tersebut bergerak. Apabila seseorang membawa GPS secara bergerak-gerak maka track yang tergambar juga bergerak-gerak mengikuti langkah seseorang tersebut. Hal ini sangat berbeda dengan istilah rute pada GPS. Rute pada GPS berarti sebuah rancangan perjalanan yang dibuat sebelum perjalan tersebut ditempuh. Rute berupa kumpulan titik-titik yang dituju (waypoint) yang terhubung secara garis lurus antartitik tersebut. Rute tidak membedakan medan yang dituju, prinsipnya adalah mengambil jarak lurus terdekat antara titik-titik yang dituju.
Penampakan Trek pada GPS (http://qcontinuum.org)
Kegunaan dari tracklog tersebut adalah membantu pengguna GPS untuk melihat jejak yang telah dilaluinya sekaligus digunakan sebagai penanda untuk menelusuri jalur semua yang dilalui sebagai navigasi jalan pulang.

GPS dapat diatur secara otomatis untuk melakukan penyimpanan tracking (tracklog) setiap kali pengguna berubah posisi. Perekaman track juga dapat disesuaikan dengan interval selang waktu tertentu yang ditentukan ataupun interval jarak tertentu. Pengaturan interval penyimpanan tersebut dapat diatur oleh pengguni sesuai kebutuhan dan tujuan sehingga kapasitas memori yang tersedia dapat digunakan lebih efektif dan efisien.

Ekstraksi lain yang bisa dimanfaatkan dari tracklog tersebut adalah bisa digunakan untuk mengukur jarak yang ditempuh selama tracking tersebut. Selain itu, bisa pula digunakan untuk mengukur area yang terbentuk dari tracklog tersebut serta memunculkan berbagai informasi-informasi lain seperti sistem proyeksi, sistem koordinat, satuan unit, elevasi, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!