Penjelasan Singkat Mengenai Struktur Ruang - Guntara.com

Tuesday, 24 December 2013

Penjelasan Singkat Mengenai Struktur Ruang

Struktur ruang adalah susunan pusat-pusat permukiman dan sistem jaringan prasarana dan sarana yang berfungsi sebagai pendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat yang secara hierarkis memiliki hubungan fungsional.
Struktur Ruang Kota (wordpress.com)
Pengertian lain menyebutkan struktur Ruang adalah susunan pusat-pusat permukiman, sistem jaringan serta sistem prasarana maupun sarana. Semua hal itu berfungsi sebagai pendukung kegiatan sosial-ekonomi yang secara hirarki berhubungan fungsional. Tata ruang merupakan wujud struktural dan pola pemanfaatan ruang baik yang direncanakan ataupun tidak. Wujud struktural pemanfaatan ruang adalah susunan unsur-unsur pembentuk rona lingkungan alam, lingkungan sosial, dan lingkungan buatan yang secara hirarkis dan struktural berhubungan satu dengan yang lainnya membentuk tata ruang. Adapun elemen-elemen yang membentuk struktur ruang kota (Sinulingga, 2005: 97), yaitu

  1. Kumpulan dari pelayanan jasa termasuk di dalamnya perdagangan, pemerintahan, keuangan yang cenderung terdistribusi secara berkelompok dalam pusat pelayanan.
  2. Kumpulan dari industri sekunder (manufaktur) pergudangan dan perdagangan grosir yang cenderung untuk berkumpul pada suatu tempat.
  3. Lingkungan permukiman sebagai tempat tinggal dari manusia dan ruang terbuka hijau.
  4. Jaringan transportasi yang menghubungkan ketiga tempat di atas.
Konsentrasi kegiatan ekonomi pada umumnya terletak pada wilayah kota. Hal itu tidak terlepas dari proses industrialisasi dan urbanisasi yang berlangsung secara terus menerus dan bahkan menunjukkan gejala yang semakin meningkat. Konsep tata ruang dan polarisasi muncul sebagai hasil observasi perkembangan struktur wilayah kota. Dalam hubungan ini perlu ditunjukkan secara spasial system dan hirarki wilayah perkotaan hingga perdesaan. Setiap kota besar mempunyai kota-kota satelit, dan selanjutnya kota-kota satelit tersebut mempunyai desa-desa satelit. Gejala ini sangat penting untuk dikaji dalam perkembangan peradaban dan kegiatan sosial ekonomi penduduk, yaitu bahwa terjadi peningkatan pertumbuhan kota yang sangat pesat.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!