Aplikasi BaseCamp dalam Sistem GPS

09:32:00
BaseCamp adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan pengolahan dan manajemen pada data-data yang akan dimasukkan pada GPS. BaseCamp merupakan keluaran dari Garmin sehingga perangkat lunak ini sangat mendukung pada GPS merk Garmin tetapi pada GPS merk lain juga mendukung. Terdapat banyak pengaturan pada aplikasi tersebut yang mempunyai kegunaan masing-masing. BaseCamp juga dapat mengonfigurasi secara langsung transfer (unggah) data-data ke dalam perangkat GPS. BaseCamp mempunyai kelebihan yaitu lebih praktis daripada perangkat lunak lainnya yang digunkan untuk transfer data ke GPS.
GPS dalam BaseCamp (http://stephencreek.com)
GPS seri terbaru seperti Garmin Dakota 10 umumnya bersifat plug-play ketika dihubungkan komputer sehingga tidak perlu perangkat lunak tambahan untuk mengunggah data ke GPS. Sedangkan GPS versi lama harus membutuhkan perangkat lunak untuk proses pengunggahan data karena GPS tersebut tidak bisa terbaca secara langsung pada komputer.
  
Data-data yang diunggah bisa digunakan untuk berbagai manfaat dan aplikasi. Data-data tersebut dapat pula digunakan sebagai informasi pendukung pada sebuah survei lapangan dengan GPS. Unggah data menjadi tren yang sangat menarik di dunia sekarang karena semakin mempermudah komunikasi dan berbagi informasi data geospasial.
    
Peta digital Navigasi Net (NavNet) v247 merupakan versi terbaru dari peta digital Indonesia yang diproduksi oleh Navigasi Net. Peta tersebut dibuat oleh kontributor-kontributor Indonesia yang dengan sukarela mengunggah petanya pada situs Navigasi Net. Peta keluaran Navigasi Net dapat diunduh di situs resminya www.navigasi.net.
    
Kelebihan dari peta peta digital Indonesia Navigasi Net adalah bisa menampilkan kedetailan yang cukup jelas pada objek-objek permukaan bumi di Indonesia. Objek-objek seperti SPBU, warung makan, tambal ban, bank, ATM, dan lain-lain bisa ditampilkan pada peta tersebut. Namun ada pula kelemahannya yaitu peta bersifat cukup subjektif, ketersediaan peta tergantung dari kontributor yang mengunggahnya. Peta-peta untuk daerah terpencil atau daerah tertentu belum tentu bisa ditemukan dalam peta tersebut. Keakurasian peta pun patut dipertanyakan karena setiap kontributor belum tentu memasukkan objek dalam peta dengan koordinat yang tepat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon