Proyeksi Kebutuhan Fasilitas Pelayanan - Guntara.com

Thursday, 31 October 2013

Proyeksi Kebutuhan Fasilitas Pelayanan

Perkembangan suatu kota tidak akan terlepas dari faktor penduduk dan aktivitas kehidupannya yang selalu meningkat, terjadinya pertambahan jumlah penduduk berpengaruh terhadap proses pembangunan pada suatu wilayah dan meningkatnya kebutuhan akan ruang perkotaan. [Arini, 2009].
Sekolah Rusak (http://abuzadan.staff.uns.ac.id)
Laju pertumbuhan penduduk dapat mempengaruhi perkembangan lingkungan suatu kota. Pada umumnya perkembangan dan pertumbuhan suatu kota terjadi karena adanya proses urbanisasi, yaitu masuknya penduduk dari luar kota kedalam lingkungan kota serta jumlah kelahiran yang begitu pesat. Terjadinya pertambahan jumlah penduduk mempengaruhi proses pembangunan dan perkembangan aktivitas suatu wilayah serta meningkatnya kebutuhan akan ruang/lahan.

Adanya peningkatan jumlah penduduk menuntut pula penyediaan kebutuhan hidup baik kebutuhan yang bersifat fisik seperti perumahan, sarana dan prasarana, maupun bersifat nonfisik seperti pendidikan, ekonomi, dan rekreasi. Kebutuhan-kebutuhan (fasilitas, sarana, dan prasarana) tersebut dinamakan fasilitas pelayanan.
Fasiltias pelayanan dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Secara umum, fasilitas pelayanan dibedakan menjadi 2 (dua) macam, yaitu fasilitas umum dan fasilitas sosial ekonomi.
Fasilitas umum adalah fasilitas yang diadakan untuk kepentingan umum. Contoh dari fasilitas umum (fasum) adalah seperti jalan, angkutan umum, saluran air, jembatan, fly over, under pass, halte, alat penerangan umum, jaringan listrik, banjir kanal, trotoar, jalur busway, tempat pembuangan sampah, dan lain sebagainya.
Fasilitas sosial adalah fasilitas yang diadakan oleh pemerintah atau pihak swasta yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum dalam lingkungan pemukiman. Contoh dari fasilitas sosial (fasos) adalah seperti puskemas, klinik, sekolah, tempat ibadah, pasar, tempat rekreasi, taman bermain, tempat olahraga, ruang serbaguna, makam, dan lain sebagainya.
Fasilitas umum dan fasilitas sosial adalah milik bersama yang harus dijaga dan dirawat dengan baik agar bisa selalu dimanfaatkan secara maksimal untuk jangka panjang. Warga masyarakat dapat saling bahu-membahu untuk membangun dan atau memperbaiki fasum fasos sendiri jika memang sangat diperlukan tanpa bergantung kepada pemerintah. Tanpa adanya fasilitas umum dan fasilitas sosial yang memadai akan membuat hidup menjadi lebih sulit.
Fasilitas umum maupun fasilitas sosial buatan pemerintah yang dirusak orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan merugikan masyarakat secara umum. Fasum dan fasos yang disediakan oleh pemerintah dibiayai oleh dana yang sebagian besar didapat dari pajak dan retribusi. Pajak dan retribusi dikumpulkan oleh pemerintah dari masyarakat, sehingga fasilitas umum dan fasilitas sosial merupakan milik masyarakat umum.
Keberadaan fasilitas pelayanan tersebut menjadi kebutuhan masing-masing daerah, sehingga untuk menjadi daerah yang maju, kebutuhan fasilitas pelayanan harus dapat terpenuhi. Kebutuhan fasilitas pelayanan juga mengikuti perkembangan daerah, dimana semakin berkembang daerah maka kebutuhan fasilitas pelayanan juga semakin besar karena tuntutan dari perkembangan daerah itu sendiri, begitu pula sebaliknya. Tentunya selain ketersediaan fasilitas pelayanan juga dibutuhkan akses yang mudah dalam menjangkau fasilitas pelayanan tersebut.
Analisis fasilitas pelayanan terdiri dari banyak aspek, yaitu diantaranya ketersediaan pelayanan (service availability), tingkat ketersediaan (size of availability), fungsi pelayanan atau daya layan (function of availability), serta proyeksi kebutuhan fasilitas pelayanan.
Proyeksi kebutuhan fasilitas pelayanan dibutuhkan dalam rangka populasi penduduk yang terus mengalami pertumbuhan yang memiliki hubungan sebab akibat dengan perkembangan kota, sehingga dengan pertumbuhan populasi penduduk menuntut pula kebutuhan akan fasilitas pelayanan.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!