Oh Tidak! Bantul Tidak Jadi Hujan Hari Ini - Guntara.com

Sunday, 7 October 2012

Oh Tidak! Bantul Tidak Jadi Hujan Hari Ini

Mendung Sudah Pecah, Bantul Tidak Jadi Hujan! (1)
Hari ahad yang kurindukan, dimana kali ini aku bisa beristirahat di rumah dan sejenak libur dari kegiatan kuliahku yang padat. Tak sepenuhnya istirahat, aku pun sambil mengerjakan beberapa tugas artikel untuk berkas seleksi BEM-KM Fakultas Geografi UGM 2012/2013. Semoga dengan niat dan usahaku ini aku bisa diterima jadi pengurus. Amin. Jujur aku rindu berorganisasi. Kemarin Sabtu (6/8), BEM UGM ada aksi save KPK di bundaran UGM, jadi ingin ikut.

Sayangnya kali ini bukan masalah organisasi yang kubahas. Melainkan mengenai cuaca pada hari ini. Hari ini, Ahad 7 Oktober 2012. Rupanya tadi pagi cuaca cukup cerah lalu kemudian awan mulai berkumpulan. Entah mereka para awan ada pertemuan rapat membahas apa, tumben mereka berkumpul.

Siang harinya, pukul 11.30 WIB terbentuklah mendung di atas bumi Kabupaten Bantul, tepatnya di atas rumah saya, di Gabusan. Tak tahulah di daerah Bantul lainnya mendung atau tidak. Saya tidak peduli. Ketika aku wudhu dan bersiap pergi menghadap Allah di rumah-Nya (dalam hal ini ke masjid). Tiba-tiba gerimis menghantam lantai-lantai di sekitar sumurku. Apakah ini akan terjadi hujan?
Mendung Sudah Pecah, Bantul Tidak Jadi Hujan! (2)

Dalam benak saya sebenarnya sudah senang jika terjadi hujan. Pasalnya kalau hujan kita disunnahkan cukup shalat di rumah saja tidak perlu ke masjid. Ternyata penyakit malas mulai menggrogoti diriku, maklum daritadi capai mengeksplorasi ratusan kata-kata indah dan menuangkannya kepada sepasang kertas polio bolak-balik. Dalam ini saya menulis bolak-balik, supaya hemat kertas, alasan lain karena kertasnya tinggal itu saja.

Kembali lagi kepermasalahan hujan. Ternyata oh ternyata hujan hanya berlangsung beberapa detik. Benar-benar membuat dongkol hati ini. Sebenarnya saya juga sudah sangat rindu sama mbak hujan. Sudah lama, berhari-hari, mungkin berbulan-bulan, tapi tidak sampai bertahun-tahun tidak hadir menemaniku di sisiku.
Mendung Sudah Pecah, Bantul Tidak Jadi Hujan! (3)

Pada intinya, Bantul hari ini hanya mendung dan tidak jadi hujan. Padahal tadi siang di wilayah Kota Yogyakarta hujan tapi kok tak sampai Bantul ya? Mungkin si hujan sedang malas jalan-jalan ke Bantul. Untuk musim hujan sendiri, Insyaallah akan hadir pada Bulan Desember-Januari. Pada bulan tersebut matahari berada di selatan khatulistiwa dan kita (cah bantul) berada di posisi selatan khatulistiwa. Otomatis penguapan air di laut selatan khatulistiwa akan besar karena radiasi yag diterima dari matahari sangat banyak atau dalam hal ini optimal. Kalau penguapan air besar maka akan terjadi banyak awan, mereka pun berkumpul membentuk semacam kongres luar biasa. Seperti kongres PSSI itu lah. Jika uap air cukup banyak, terangkat cukup tinggi, terdapat inti kodensasi, dan beratnya cukup untuk jatuh, maka Insyaallah terjadilah hujan. ( Sambil mengingat-ingat mata kuliah meteorologi dan klimatologi saat kuliah :-D )

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!