logo blog
Selamat Datang Di Catatan Si iGun | Ilham Guntara Official Web
Terima kasih atas kunjungan Saudara di blog Catatan Si iGun
Semoga apa yang saya tulis dan saya bagikan di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi bagi kita semua
untuk terus berkarya, berkreasi, berinovasi dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi nusantara serta orang lain. Aamiin!
iklan banner

SEMANGAT NASIONALISME DAN PATRIOTISME DALAM MENGISI KEMERDEKAAN [ESSAY]

iklan banner
    Sebagai generasi muda penerus bangsa, kita harus mempunyai semangat nasionalisme dan patriotisme untuk mengisi kemerdekaan. Kita harus mempunyai paham kebangsaan yang mengandung makna kesadaran dan semangat perjuangan cinta tanah air, memiliki rasa bangga terhadap bangsa, negara, dan nusantara tercinta, dan kita juga harus bisa melindungi  dan menjaga kehormatan serta nama baik bangsa kita tercinta.

    Rasa nasiolanisme harus diterapkan sedini mungkin kepada generasi muda penerus bangsa. Kebanggaan dan kecintaan kita terhadap tanah air tercinta dengan tetap menghargai dan menghormati bangsa-bangsa lain di dunia ini juga harus ditumbuhkan. sesama bangsa harus saling membantu dan bertenggang rasa. Karena dengan hal-hal tersebut bersama kita bisa memelihara perdamaian di dunia ini. Jika perdamaian di dunia dapat dipelihara maka ketentraman rakyat akan terjamin.

    Semangat nasionalisme generasi muda sangat penting keberadaannya. Karena nasionalisme membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang dari suku, ras, agama dan kelompok kita berasal. Dengan semangat nasionalisme tersebut, rasa rukun antar masyarakat juga akan tumbuh. Sehingga tidak akan ada pertempuran dan peperangan antar masyarakat dalam sebuah negara.

    Nasionalisme untuk mengisi kemerdekaan. Dengan berlandaskan sila ketiga dasar negara Pancasila yang berbunyi “Persatuan Indonesia”, kita dapat bersatu dalam mengisi kemerdekaan. Mengisi kemerdekaan tidak harus dengan mengadakan perlombaan-perlombaan, dapat juga kita mengisi kemerdekaan dengan perbuatan yang bersifat nasionalisme, misalnya : memiliki rasa cinta tanah air dengan bangsa, negara, dan nusantara; menempatkan kepentingan bersama (seperti kerja bakti atau gotong royong) di atas kepentingan pribadi, golongan, maupun individu; mengakui dan menghargai kemajemukan yang ada di Indonesia; memupuk dan menjaga psemangat persatuan, kesatuan, serta perdamaian di dunia; turut serta dalam mempertahankan dan memajukan bangsa dan tanah air tercinta; menjaga kehormatan nama baik bangsa, dll.

    Jiwa patriotisme generasi muda penerus bangsa untuk mengisi kemerdekaan. Patriotisme dapat diartikan sikap yang pemberani, pantang menyerah, dan rela berkorban demi tanah air tercinta, bangsa, dan negara. Sikap pemuda yang menunjukan rasa patriotisme, antara lain : memiliki rasa cinta tanah air, bangsa dan negara;  rela berkorban untuk membela dan mempertahankan bangsa dan negara; memiliki jiwa pantang menyerah dan semangat untuk berjuang; memiliki jiwa pembaru atau penerus bangsa; menempatkan persatuan, kesatuan, perdamaian, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, individu, dan golongan, dll.

    Dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia dibutuhkan rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme yang kuat. Dimana kita dapat mengisi kemerdekaan tersebut dengan penuh rasa cinta terhadap tanah air. Jangan bangga terhadap produk-produk luar negeri yang mewah. Tetapi seharusnya kita bangga terhadap produk-produk Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan produk impor. Semangat perjuangan membela tanah air terbukti dengan generasi-generasi muda Indonesia yang dapat meraih berbagai prestasi baik di tingkat dalam negeri maupun di tingkat internasional. Prestasi-prestasi yang membanggakan dari generasi muda tersebut dapat sekaligus mengisi dan menghiasi kemerdekaan Indonesia. Ini juga membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata, Indonesia adalah sebuah negara yang besar yang mempunyai jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi. Mengadakan berbagai perlombaan dalam rangka mengisi kemerdekaan juga merupakan salah satu bentuk cinta tanah air dan nasionalisme. Karena permainan dalam perlombaan tersebut sebagian besar berupa permainan-permainan tradisional bangsa Indonesia. Ini merupakan sikap cinta tanah air yang melestarikan budaya-budaya bangsa Indonesia. Berbagai pertunjukan serta pentas pun ikut memeriahkan mengisi kemerdekaan. Acara tersebut menunjuk betapa cintanya generasi muda kita akan Indonesia dan mereka rela berkorban demi bangsanya.

    Semangat nasionalisme dan patriotisme para pejuang kita telah terbukti dengan menghasilkan sebuah kemerdekaan untuk bangsa Indonesia. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus bisa mengambil hikmah dan semangat nasionalisme serta patriotisme para pejuang kita sebagai tauladan. Kita harus terus berjuang, bersemangat, dan selalu optimis untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa, negara, dan tanah air tercinta. Hal-hal tersebut dapat kita semua wujudkan dengan belajar, berprestasi, serta mengharumkan nama bangsa dan dapat mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya serta dengan semangat nasionalisme dan patriotisme.

oleh : Ilham Guntara
Enter your email address to get update from Catatan Si iGun.
Print PDF
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Website resmi Ilham Guntara, berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Catatan Si iGun" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!

Copyright © 2014. Catatan Si iGun | All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ilham Guntara | Proudly powered by Blogger