Prinsip-Prinsip Geografi

20:44:00
1.    Prinsip Penyebaran
Dalam prinsip ini fenomena atau masalah alam dan manusia tersebar di permukaan bumi.Penyebaran fenomena atau permasalahan tersebut itu tidak merata . Fenomena sumber air tentu tidak dijumpai si semua tempat . Demikian pula permasalahan pencemaran air juga tidak di jumpai di semua sungai atau laut.
Geografi (sumber gambar: blogspot.com)
2.    Prinsip Interelasi
Fenomena atau permasalahan alam dan manusia saling terjadi keterkaitan antara aspek satu dengan aspek lainnya . Keterkaitan itu dapat terjadi antara aspek fenomena alam dengan aspek fenomena alam lain , atau atau fenomena aspek manusia dengan aspek manusia lainnya . Fenomena banjir yang terjadi di wilayah hilir terjadi karena kerusakan hutan di bagian hulu . Kerusakan hutan alam itu dapat terjadi karena perilaku manusia . Perilaku manusia yang demikian terjadi karena keasaadaran terhadap fungsi hutan yang rendah .

3.    Prinsip Deskripsi
Fenomena alam dan manusia memiliki saling keterkaitan . Keterkaitan antara aspek alam (lingkungan) dan aspek manusia itu dapat dideskripsikan . Pendeskripsian itu menlalui fakta , gejala , dan masalah , sebab-akibat , secara kualitatif maupun kuantitatif dengan bantuan peta , grafik , diagram , dan lain-lain.

4.    Prinsip Korologi
Prinsip korologi merupakan prinsip keterpaduan antara prinsip penyebaran , interelasi , dan deskripsi. Fenomena atau masalah alam dan manusia dikaji penyebarannya , interelasinya , dan interaksinya dalam satu ruang . Konsisi ruang itu akan diberikan corak pada kesatuan gejala , kesatuan fungsi , dan kesatuan bentuk 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon