Belajar Teknik Foto Levitasi Bersama Adik-adikku - Guntara.com

Tuesday 7 August 2012

Belajar Teknik Foto Levitasi Bersama Adik-adikku

Jeda antara masa akhir SMA dan masa awal perkuliahan memang sangatlah lama. Hampir lebih dari 3 bulanan saya, Ilham Guntara (18 tahun) terbilang tidak aktif sekolah secara resmi walaupun di sela-selanya juga terdapat beberapa kegiatan. Namun, menurutku tetaplah liburan yang lama sampai membuatku bosan.


Tak pelak ini membuatku melakukan berbagai hal-hal iseng. Salah satunya, saya iseng-iseng membuat foto levitasi dan sekaligus mempelajari teknik foto levitasi tersebut. Objek levitasi saya kali ini adalah kedua adikku, sebut saja Adnan Widyaswara (10 tahun) dan Ahmad Dani Lazuardi (7 tahun). Kenapa mereka menjadi objek? Karena mereka belum begitu mahir jika saya suruh memfoto saya dengan teknik levitasi. Pasalnya, saya hanya menggunakan kamera ponsel merk Nokia 2700 classic, tentunya ini dibutuhkan ketepatan menekan tombol dengan objek yang sedang melayang.

Sebelumnya saya akan memberitahu kalian tentang apa itu levitasi. Levitasi adalah teknik fotografi yang membuat sesuatu atau seseorang tampak seolah-olah melayang tanpa menggunakan alat bantu. Foto levitasi tanpa editing dilakukan oleh model yang melompat dan berpose sehingga seolah-olah ia tampak melayang. Berbeda dengan teknik jump shot dimana objek memang terlihat melompat bukan melayang.

Berikut saya sediakan foto-foto levitasi dari fotografer yang sudah profesional. Supaya kita bisa memahami lebih dalam tentang teknik ini.







a

Ia adalah Natsumi Hayasi, seorang fografer profesional asal Jepang. Bagaimana? Keren dan menakjubkan bukan? Untuk membuat foto levitasi cukup dengan cara-cara dan objek-objek yang simpel tapi dibutuhkan kesabaran serta keseriusan. Berikut saya sediakan tips membuat foto levitasi yang saya peroleh dari pencarian di google.

  1. Fotografi levitasi berbeda dengan jump shot. Levitasi harus memperlihatkan model yang seakan melayang alami tanpa terlalu banyak ekspresi wajah.Foto levitasi tanpa editing dapat dilakukan dengan kamera profesional (DSLR) maupun kamera biasa (kamera ponsel, pocket cam)
  2. Foto levitasi dengan kamera DSLR, bisa memanfaatkan burst mode (continuous shooting). Dengan sekali menekan tombol shutter, langsung menghasilkan beberapa jepretan sekaligus. Foto-foto hasil jepretan dengan burst mode dari kamera DSLR dapat dipilih mana yang paling pas mendapatkan moment “melayang”.
  3. Foto levitasi dapat dilakukan dengan kamera non-profesional, namun lebih tricky karena mengandalkan ketepatan menekan tombol rana saat model melompat.
  4. Pastikan cahaya cukup, agar bayangan terbentuk sehingga efek model sedang melayang lebih terlihat.
  5. Gunakan shutter speed tinggi untuk menangkap model yang melayang dengan lebih fokus (freeze motion). Cahaya yang cukup sangat berperan untuk mendapatkan shutter speed tinggi.
  6. Gunakan low angle, agar model terlihat tinggi melayang.
  7. Gunakan hair spray/gel agar saat melompat, rambut model tidak terlihat berantakan.
  8. Gunakan juga peniti, pin, sabuk atau alat penjepit baju supaya tidak tampak menggembung
  9. atau tersingkap saat model melompat.
  10. Coba gunakan aksesoris yang mendukung . Umumnya sih sapu, vacum cleaner, payung. Ayo coba yang lain!
  11. Cari lokasi foto yang unik.  
  12. Bisakah memfoto diri sendiri sedang levitasi? Bisa! Gunakan tripod, dan set timer di kamera. Loncatlah sebanyak mungkin saat mendekati waktu timer! Ini tapi pakai untung-untungan ya!
  13. Stay safe! Jangan memaksakan diri melompat jika sudah capek. Jangan lupa cari lokasi yang aman buat melompat.
Untuk tutorial videonya dapat dilihat di sini kawan, http://www.youtube.com/watch?v=xaSH0d60Zso

Nah, di atas tersebut adalah karya foto levitasi dari fotografer profesional. Saat saya menampilkan hasil foto levitasi ala saya dan adik-adik saya. Harap maklum bila ekspresi adik-adik saya masih terkesan sengaja melompat dan belum profesional. Namun inilah namanya belajar. Semoga artikel ini berguna bagi kalian dan kalian juga dapat memelajari ini.

Foto Levitasi 1 Ahmad Dani Lazuardi


Foto Levitasi 2 Ahmad Dani Lazuardi

Foto Levitasi 3 Ahmad Dani Lazuardi

Foto Levitasi 4 Ahmad Dani Lazuardi

Foto Levitasi 5 Ahmad Dani Lazuardi

Foto Levitasi 1 Adnan Widyaswara

Foto Levitasi 2 Adnan Widyaswara

Foto Levitasi 6 Ahmad Dani Lazuardi

Nah, kalau yang ini gayaku kawan :-)


Ilham Guntara's levitation in action 1
Ilham Guntara's levitation in action 1
Ilham Guntara's levitation in action 2
Ilham Guntara's levitation in action 2
Ilham Guntara's levitation in action 3
Ilham Guntara's levitation in action 3


No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!