Tips dan Cara Mengkhatamkan Al-Quran di Bulan Ramadhan - Guntara.com

Sunday, 5 August 2012

Tips dan Cara Mengkhatamkan Al-Quran di Bulan Ramadhan

Tips dan Cara Mengkhatamkan Al-Quran di Bulan Ramadhan
Assalamualaikum W. W.

Mungkin artikel saya kali ini terbilang terlambat karena baru saya keluarkan di pertengahan bulan suci Ramadhan ini. Sebab baru saja saya mengisi ulang paket internet saya, setelah sebelumnya habis. Namun, apa salahnya berbagi ilmu di bulan yang penuh rahmat ini walaupun terlambat lebih dari setengah bulan. Lagipula, ilmu ini masih bisa berguna untuk Ramadhan-ramadhan selanjutnya yang Insyaallah akan kita temui kembali. Amin!

Kali ini saya akan berbagi tips, kiat, maupun cara untuk mengkhatamkan Al-Quran di bulan suci Ramadhan. Kita telah tahu bahwasanya Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang mengandung pedoman hidup dan mengatur segalanya tentang kehidupan manusia di muka ini. Baik dari masa yang sudah lalu maupun masa yang akan datang. Membaca, meresapi, dan mengamalkan Al-Quran adalah wajib hukumnya bagi setiap muslim.

Terlebih ini adalah bulan suci Ramadhan. Dimana setiap amalan baik dan buruk akan dilipat-lipatkan balasannya. Amalan baik yang dilaksanakan akan dibalas dengan pahala yang berkali lipat sebaliknya dosa yang diperbuat akan dibalas dengan dosa yang berkali lipat. Salah satu perbuatan baik yang sangat dianjurkan dalam Ramadhan kali ini adalah rajin-rajin membaca Al-Quran bahkan mengkhatamkannya.

Adalah hal mudah mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan ini. Tahun-tahun lalu saya merasa sangat pesimis untuk mengkhatamkan Al-Quran yang beratus-ratus halaman itu, tapi akhirnya setalah berusahan dan ada kemauan tahun kemarin Alhamdulillah berhasil. Insyaallah, kalian pasti bisa jika ada kemauan dan usaha. Berikut saya becorkan tips mengkhatam Al-Quran.

  1. Hitung jumlah halaman Al-Quran, misalnya 485. Hitung jumlah hari di bulan Ramadhan, biasanya 29 atau 30, tapi kita ambil saja 25. Kita asumsikan dalam 25 hari kita sudah Khatam, sehingga kita tidak akan kelabakan bila ada suatu hari dimana kita berhalangan tidak sempat membaca Al-Quran.
  2. Lalu kita mulai perhitungan ala matematika, bagi jumlah halam Al-Quran dengan jumlah hari. Misal, 485 dibagi 25 sama dengan 19,4 lalu kita bulatkan ke atas sama dengan 20. Artinya dalam sehari kita ditargetkan membaca Al-Quran sebanyak 20 halaman
  3. Bila masih terasa susah dan berat, maka bagi lagi dengan jumlah shalat wajib kita, tentunya 5 waktu. Sehingga 20 dibagi 5 sama dengan 4 halaman. Jadi, artinya kita ditargetkan membaca cukup 4 halaman Al-Quran sehabis melaksanakan setiap shalat 5 waktu dalam sehari. Kalian tak perlu menggunakan sistem kebut semalam (SKS) langsung 20 halaman yang tentunya akan membuat kalian lelah dan capek.
  4. Cobalah! Ini sudah cara termudah dan terpraktis. Asal ada niat dan kemauan, Insyaallah bisa!

Saya sangat berharap tips di atas bermanfaat bagi kaum muslimin. Semoga kita selalu diridhoi Allah dan terutama semoga amal ibadah kita di bulan suci Ramadhan ini diterima Allah. Sekian, terima kasih! Saya tunggu kritik dan sarannya.

Wassalamualaikum W. W.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!