UPAYA-UPAYA UNTUK MENANAMKAN POLA HIDUP SEHAT KEPADA ORANG LAIN - Guntara.com

Thursday, 18 August 2011

UPAYA-UPAYA UNTUK MENANAMKAN POLA HIDUP SEHAT KEPADA ORANG LAIN


Pola hidup sehat adalah suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang memengaruhi kesehatan, antara lain makanan dan olahraga.

    Selain itu, gaya hidup seseorang juga mempengaruhi tingkat kesehatannya. Misalnya, jika Anda suka merokok atau minum-minuman keras, tentu saja itu bukan pola hidup sehat.

    Makanan: Sumber Kesehatan Sekaligus Sumber  Penyakit

    Fakta menunjukkan bahwa orang-orang zaman dulu memiliki tubuh yang sehat. Padahal, waktu itu belum ada teori mengenai pengertian pola hidup sehat. Anehnya, mereka justru jarang terkena penyakit dan berusia relatif lebih panjang  ketimbang manusia masa kini.

    Sebaliknya, di  zaman modern seperti sekarang ini, banyak orang meninggal di usia muda dengan perbagai komplikasi penyakit. Menurut data WHO, tujuh puluh persen kematian dini disebabkan oleh penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes. Separuh dari jumlah tersebut terkait dengan pola makan yang buruk.

    Sebagai manusia yang berpendidikan. Kita diharap dan diharuskan berupaya untuk menanamkan pola hidup sehat kepada orang lain.

    Kita tentu tidak ingin kalau sehat hanya untuk kita sendiri. Alangkahkan indahnya bila kita sehat bersama orang lain, orang-orang yang dekat, orang-orang yang kita sayangi.

     Berikut adalah upaya-upaya yang patut kita laksanakan untuk menanamkan pola hidup sehat kepada orang lain:

1.    Mulailah dari diri sendiri


    Untuk menanamkan pola hidup sehat kepada orang lain. Pertama kali, kita harus memulai dari diri pribadi kita. Kita terlebih dulu menjadi pribadi yang berpola hidup sehat. Kalau pribadi kita saja tidak sehat, bagaimana orang lain bisa percaya dengan segala upaya kita. Sia-sia!

Untuk itu, pribadi kita harus berpola sehat dahulu. Lalu, hal ini akan menjadi teladan bagi orang lain dan inilah cara yang cukup efektif untuk menanamkan pola hidup sehat ke mereka.

2.    Mulailah dari hal kecil

Tidak usah terlalu jauh-jauh dengan berdasar pengetahuan yang muluk-muluk dalam menanamkan pola hidup sehat. Tetapi cukup dimulai dengan kebiasaan yang kecil dalam keseharian. Dengan demikian, jika dilakukan secara rutin maka pola hidup sehat akan gampang tertanam dalam diri orang lain.
   
Misalnya, membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan badan, mencuci kaki dan tangan, dan kebiasaan sehat kecil lainnya yang biasanya disepelekan.
   
Justru kalau memulai dari hal yang kecil. Secara pelan tapi pasti, hal itu akan menjadi rutinitas, dan bisa berkembang ke langkah pola hidup sehat taraf berikutnya.

3.    Mulailah dari orang terdekat

Kita tidak usah muluk-muluk untuk menanamkan pola hidup sehat kepada seluruh masyarakat Indonesia. Mulailah dengan orang terdekat, dari keluarga kita, dari pacar kita (bila punya), dari teman kita.
   
Orang-orang terdekat akan lebih mudah menerima ajaran sehat kita. Lalu orang-orang terdekat itu pun akan menanamkan pola hidup sehat kepada orang-orang terdekatnya lagi, dan itu berantai terus menerus sampai bisa menyebar luas ke seluruh penjuru.

4.    Sabar dan optimis

Sikap kita yang cenderung kurang sabar dan emosi dalam menghadapi sikap orang lain yang kadang menjengkelkan karena tidak sesuai dengan ajaran pola hidup sehat yang kita tanamkan.

Sabar, jangan menyerah. Harus optimis! Tetaplah kita semangat menyerukan pola hidup sehat. Memberikan nasihat-nasihat tentang kesehatan, menunjukkan hal yang membuat tidak sehat, dan yang terpenting memberikan contoh hal-hal sehat yang kongrit.

5.    Perluas ilmu pengetahuan

Berkaitan dengan pola hidup sehat. Agar bisa menanamkan pola hidup sehat ke orang lain. Terlebih dahulu, kita harus memiliki ilmu pengetahuan yang cukup tentang masalah-masalah itu.
   
Rajin-rajinlah menyimak artikel kesehatan. Rajin-rajinlah mencari hal-hal yang berbau kesehatan. Rasa ingin tahu haruslah tinggi.
   
Sehingga bila kita mau menanamkan pola hidup sehat kepada orang lain, kita sudah tahu dasar-dasar hukum dan ilmu pengetahuannya yang juga sudah terbukti kebenarannya.

6.    Speak up!

Kalau pola sehat sudah tertanam dalam diri kita. Sekarang giliran kita menanamkan hal itu kepada orang lain.

Jangan takut untuk menasihati orang lain. Toh, ini juga demi kesehatan mereka. Mereka juga kan saudara kita, kita patut menolongnya. Jangan menyerah, kita harus terus memberikan penyuluhan-penyuluhan tentang kesehatan kepada orang lain semenarik dan sekreatif mungkin.

Misalnya, kita bisa berpidato dihadapan orang lain, gunakanlah kepandaian berbicara kita, kita kan anak SMAN 1 Bantul, harus pandai berbicara dan berargumen.

Kita bisa juga menyisipkan ajaran pola hidup sehat ketika kita berkomunikasi dengan orang lain. Dikait-kaitkan saja lah pokoknya.
 

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!