Hanya Menang Tipis, Indonesia Gagal Juarai AFF

21:38:00
image

Jakarta, CyberNews. Ambisi Indonesia untuk menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya akhirnya kandas setelah dalam leg kedua babak final di Stadion Gelora Bung Karno, Rabu (29/12), hanya menang 2-1 dengan Malaysia. Sebelumnya, dalam leg pertama di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, anak-anak asuhan Alfred Riedl kalah telak 0-3 sehingga kalah agregat 2-4.

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya, Firman Utina dkk bermain menekan sejak menit awal pertandingan. Namun, Malaysia berhasil mengatasinya dengan bermain taktis, utamanya di sektor pertahanan. Ditambah lagi, penampilan ciamik kiper Khairul yang berhasil mementahkan setiap peluang Indonesia.

Menit 17, Indonesia berpeluang unggul setelah bek Malaysia M Sabre handsball di kotak terlarang. Namun sayang, tendangan 12 pas Firman Utina gagal membuahkan gol, setelah sepakannya yang terlalu lemah bisa diantisipasi Khairul Fahmi.

Usai kegagalan penalti itu, Indonesia terus menekan pertahanan Malaysia. Namun sekali lagi, kurangnya koordinasi dan penyelesaian akhir yang buruk, semua peluang Indonesia tidak ada yang menjadi gol. Alhasil, skor kacamata bertahan hingga babak pertama usai.

Kecolongan

Di babak kedua menit 53, Indonesia kecolongan oleh gol Mohd Safee Sali. Memanfaatkan through pass dari rekannya, Safee yang lolos dari kepungan Maman Abdurrachman dan Zulkifli Syukur, melepaskan tendangan kaki kiri yang tak bisa dihadang Markus. Gol ini merupakan gol kelima Safee di Piala AFF dan semakin memantapkannya sebagai top skor.

Guna mengejar ketertinggalan, pelatih Alfred Riedl memasukkan Bambang Pamungkas dan Eka Ramdani. Menit 72, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan melalui M Nasuha, memanfaatkan bola rebound dari tendangan Ahmad Bustomi yang ditepis Khairul Amri.

Usai gol tersebut, pemain Indonesia semakin bersemangat untuk mencari gol tambahan. Menit 88, M Ridwan berhasil menambah keunggulan Indonesia setelah sepakan kaki kirinya menjebol gawang Malaysia. Hingga pertandingan usai, skor 2-1 bertahan dan Indonesia pun gagal menjuarai Piala AFF karena kalah agregat atas Malaysia.

Kegagalan ini menjadi antiklimaks bagi penampilan Indonesia di Piala AFF mengingat pada babak penyisihan hingga semifinal mereka selalu meraih kemenangan. Selain itu, hasil ini juga menambah panjang daftar kegagalan Indonesia di partai puncak piala AFF.

Sebaliknya, bagi Malaysia, hasil ini merupakan pembalasan setimpal atas kekalahan mereka atas Indonesia di babak penyisihan dengan skor 5-1. Penampilan cemerlang anak-anak asuhan K Rajagobal di babak final layak diganjar dengan raihan Piala AFF untuk pertama kalinya.

from: suara merdeka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon