Penetapan Idul Adha 1431 H Beda!: Muhammadiyah Selasa, Pemerintah Rabu - Guntara.com

Tuesday, 9 November 2010

Penetapan Idul Adha 1431 H Beda!: Muhammadiyah Selasa, Pemerintah Rabu

 http://reisha.files.wordpress.com/2007/12/kaaba_back.jpg
Sering kali kita temui jika penetapan hari raya Idul fitri berbeda antara pemerintah dengan berbagai organisasi islam. Namun kali ini perbedaan terjadi pada penetapan hari raya Idul Adha. Hal ini memang cukup unik,, perbedaan terjadi antara pihak pemerintah dengan persyarikatan Muhammadiyah.Mari kita simak berita di bawah ini.

Penetapan Hari Raya Idul Adha akhirnya berbeda. Muhammadiyah jauh-jauh hari telah menetapkan bahwa Idul Adha 10 Dzulhijjah 1431 H / 2010 jatuh pada Selasa (16/11), berdasarkan hasil Hisab (ilmu perhitungan bulan). sedangkan pemerintah Indonesia menetapkan pada hari Rabu (17/11), berdasarkan hasil rukyat.

Ketetapan pemerintah didasarkan pada sidang itsbat awal Dzulhijjah di Gedung Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (8/11). Sidang tersebut dihadiri Sekjen Kemenag, Dirjen Peradilan Agama MA, Ketua MUI, serta pimpinan ormas-ormas Islam. Prof. Nasaruddin (selaku peimpin sidang) sebelum mengetuk palu, ia meminta pendapat peserta sidang, mengingat berbeda dengan ketetapan PP Muhammadiyah."Kami meminta kearifan dan kebesaran hati dari Pemerintah serta semua pihak, karena pada Idul Adha tahun ini kami menetapkan berbeda", kata Ma'rifat Imam (mewakili PP Muhammadiyah. Sedang pihak MUI bisa memaklumi, namun mereka tetap menaati keputusan Pemerintah.

Dalam laporannya, Ketua Badan hisab dan rukyat (BHR) Rohadi Abdul Fatah yang juga Direktur Urusan Agama Islam mengatakan, pihaknya telah melakukan rukyatul hilal (peneropongan bulan baru) pada Sabtu (6/11) bertepatan akhir bulan Dzulkaidah di beberapa titik. Hasilnya, kendati berada di atas ufuk, posisi hilal masih imkanurrukyah atau tidak memungkinkan dirukyat karena belum mencapai 2 derajat.. Rohadi mengatakan, "Ijtima hari Sabtu (6/11) 2010 pukul 11.52 ketinggian hilal pada 0 derajat sampai 1 derajat, posisi hilal masih belum terlihat. Dengan demikian, bulan Dzulqodah digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari, sehingga tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada Senin, 8 November." Oleh karena itu pemerintah menetapkan Idul Adha 10 Dzulhijjah pada Rabu, 17 November 2010.

Sedangkan dari Mekah dilaporkan, Pemerintah Saudi Arabia menetapkan Idul Adha jatuh pada hari Selasa (16/11). Kantor berita Saudi Arabia, SPA menyebutkan, penetapan itu dilakukan setelah Sabtu (6/11) malam yang diperkuat dengan hasil penghitungan para astronom resmi di Saudi. Dalam hal ini, di Arab hilal bisa di rukyat.

Hasil pengamatan bulan itu digabungkan dengan hasil perhitungan para astronom resmi Arab. Pengamatan dan penghitungan astronomi itu dipakai untuk menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah, yang jatuh pada Ahad (7/11), sehingga IDul Adha 10 Dzulhijjah jatuh pada Selasa, 16 November 2010.

-dirangkum dari Kedaulatan Rakyat-

Nah loh, ada dua versi penetapan Hari Raya Idul Adha yang saling berbeda. Kalian pilih yang mana hayo? Kalu saya insyaAllah ikut yang Selasa. Hehe. Saya tunggu komentar kalian!

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!