Sekilas Memilih Jurusan: Ilmu Komputer atau Teknologi Informasi? - Guntara.com

Saturday 23 October 2010

Sekilas Memilih Jurusan: Ilmu Komputer atau Teknologi Informasi?

 http://lh5.ggpht.com/_ix2Zwi6BRNA/TETwWDa0PuI/AAAAAAAAAUA/EvhK5iyAcfQ/Bright%20Idea.jpg

Memilih jurusan/program studi yang akan diambil ternyata tidak semudah yang dibayangkan, karena banyaknya nama-nama jurusan/program studi yang digunakan oleh Perguruan Tinggi yang hampir-hampir mirip sehingga membingungkan, misalnya program studi sistem informasi dengan program studi sistem informatika atau manajemen informatika, dan lain-lain. Oleh karena itu perlu kejelian dan ketelitian yang dalam sebelum menjatuhkan putusan untuk memilih jurusan/program studi.

Saat ini, kebanyakan bidang ilmu komputer berada dibawah naungan :

1.   Fakultas MIPA
Hal ini disebabkan oleh asumsi yang mengatakan bahwa aplikasi-aplikasi yang berjalan diatas komputer berdasarkan pada konsep matematika.

2.   Fakultas Teknik
Asumsi yang mendasar bidang ilmu komputer berada di bawah naungan jurusan teknik tidak lain karena penerapan aplikasi perangkat keras komputer, makanya muncul jurusan Teknik Komputer.

3.   Fakultas Ilmu Komputer
Jika sebuah Perguruan Tinggi tidak memiliki Fakultas MIPA dan atau Teknik, maka dibentuklah Fakultas  baru dengan nama fakultas ilmu komputer.

4.   Jurusan Teknologi Informasi
Penamaan jurusan Teknologi Informasi di Indonesia relatif baru, hal ini kemungkinan besar adalah imbas dari berkembangnya istilah TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang didengungkan oleh Departemen Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

5.  STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Komputer / AMIK (Akademi Manajemen dan Informatika Komputer)

Imbasnya adalah kepada sistem penamaan program studi dan kurikulum yang digunakan sesuai dengan fakultas/jurusan yang menaunginya. Misalnya, Fakultas Teknik hanya bisa membuka jurusan Teknik Komputer, tidak pada tempatnya jika fakultas teknik membuka jurusan manajemen informatika atau fakultas MIPA membuka jurusan Teknik Komputer, tidak mungkin bukan !

Oleh karena itu, dibentuklah jurusan baru yang mampu mengatasi kendala tersebut diatas, seperti Jurusan Ilmu Komputer atau Teknologi Informasi. Sementara STMIK/AMIK merupakan perguruan tinggi yang khusus membidangi masalah ilmu komputer.

Efek lain yang dapat kita lihat adalah sistem pemberian gelar, Jika berada di bawah naungan fakultas MIPA, maka gelar lulusannya adalah S.Si (Sarjana Science), jika di Fakultas Teknik, gelarnya adalah S.T (Sarjana Teknik) sedangkan jika di STMIK, gelarnya adalah S.Kom (Sarjana Komputer), anda mau pilih yang mana ?

Berikut penjelasan terhadap jenis-jenis program studi yang ditawarkan oleh berbagai lembaga pendidikan :

1.   Teknik Komputer
Jurusan/program studi Teknik Komputer merupakan bidang ilmu komputer yang kurikulum perkuliahannya lebih menekankan kepada hardware komputer/jaringan komputer. Penggunaan kata Teknik Komputer juga mengandung arti yang sama dengan Sistem Komputer, tergantung kepada program studi tersebut berada dibawah naungan jurusan

2.   Teknik Informatika/Teknik Informasi
Jurusan/program studi Teknik Informatika merupakan bidang ilmu komputer yang kurikulum perkuliahannya lebih menekankan kepada kombinasi antara hardware dan software komputer dalam pengelolaan sistem informasi. bidangnya lebih luas sesungguh dari prodi teknik komputer dan sistem informasi

3.   Manajemen Informatika/Sistem Informasi/Rekayasa Perangkat Lunak
Jurusan/program studi Manajemen Informatika merupakan bidang ilmu komputer yang kurikulum perkuliahannya lebih menekankan kepada penguasaan bahasa pemrograman komputer dalam mengelola sistem informasi.

Namun, walaupun penamaannya jurusannya berbeda, terkadang kurikulum yang dipakai dapat sama atau sebaliknya. Oleh karena itu, saya menyarankan, sebelum anda menentukan suatu jurusan tertentu, sebaiknya, tanyakan terlebih dahulu kurikulum yang dipakai, jangan nanti anda mengambil jurusan Teknik Informatika dan ternyata kurikulum digunakan adalah kurikulum untuk teknik komputer misalnya.

Untuk referensi kurikulum, anda bisa mengunjungi website www.aptikom.net

Dan yang paling penting, sebelum menjatuhkan pilihan Anda pada satu prodi, pastikan prodi tersebut telah ter akreditas A/B dan minimal C. Silahkan cek di http://ban-pt.depdiknas.go.id/

Hahay, kira-kira saya mau masuk ke jurusan yang mana ya..hmmm masih bingung. bagaimana dengan kalian???

dari seorang bapak narasumber

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!