Inilah Almamater Kampus Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, UGM Penyumbang Terbanyak! - Guntara.com

Saturday, 26 October 2019

Inilah Almamater Kampus Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, UGM Penyumbang Terbanyak!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH. Maruf Amin telah mengumumkan dan melantik para menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 pada Rabu (23/10/2019) yang lalu di Istana Presiden, Jakarta. Salah satu hal menarik yang dapat disoroti adalah asal muasal almamater kampus dari para menteri tersebut. Tentu menjadi kebanggaan sekaligus gengsi tersendiri bagi kampus yang menyumbang banyak alumninya sebagai menteri.
Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 www.guntara.com
Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 (sumber: kanalsatu.com)
Menteri Kabinet Indonesia Maju mayoritas menempuh pendidikan di kampus dalam negeri tetapi tidak sedikit yang merupakan lulusan kampus luar negeri. Ada empat (4) menteri yang merupakan lulusan S1 di kampus luar negeri yaitu Nadiem Anwar Kariem, Juliari Batubara, Erick Thohir, dan Wishnutama. Sedangkan beberapa menteri juga pernah menempuh pendidikan di kampus luar negeri pada jenjang S2 (master) dan S3 (doktoral).

Kampus dalam negeri yang menjadi penyumbang terbanyak pada Kabinet Indonesia Maju ini adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Alumni UGM yang tercatat sebagai menteri sebanyak sembilan (9) orang. Lalu diikuti Universitas Indonesia (UI) sebanyak tiga (3) orang, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Akademi Militer (Akmil) Magelang sebanyak tiga (3) orang.

Sembilan (9) menteri alumni UGM tersebut tujuh (7) di antaranya merupakan lulusan jenjang S1 (sarjana) yaitu Airlangga Hartarto (Menteri Koordinator Perekonomian), Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri), Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan), Terawan Agus Putranto (Menteri Kesehatan), Pratikno (Mensesneg), dan Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). Sedangkan dua (2) sisanya merupakan lulusan jenjang S2/S3 yaitu Pramono Anung (Sekretaris Kabinet) dan Muhadjir Effendi (Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan). Tidak lupa, Presiden Joko Widodo juga merupakan alumni UGM.

Berikut tabel daftar lengkap almamater para menteri Kabinet Indonesia Maju. Warna hijau menandakan universitas dalam negeri dan universitas luar negeri. Almameter tersebut termasuk pendidikan sarjana, master, dan doktoral.
Daftar Almamater Menteri Kabinet Indonesia Maju www.guntara.com
Daftar Almamater Menteri Kabinet Indonesia Maju (sumber: detik.com)

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!